Demo Buruh di Monas, Massa Akan Bertahan hingga Tengah Malam

Massa bertahan hingga Jumat (11/8/2022) pukul 00.10 WIB

Jakarta, IDN Times - Massa buruh memutuskan bertahan dan melanjutkan demonstrasi di Patung Kuda Arjuna Wiwaha atau depan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2022) malam. Massa memutuskan bertahan hingga Jumat (11/8/2022) pukul 00.10 WIB.

Sekjen Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI), Emelia Yanti Siahaan mengatakan, keputusan itu diambil setelah perwakilan organisasi buruh bermusyawarah.

"Kami akan berusaha bertahan sampai pukul 00.10. Pilihan atau putusan kami untuk bubar tengah malam bukan kami merasa kalah," tegas Emelia di depan Monas, Jakarta, Kamis malam.

Emelia mengaku, ada risiko yang harus dihadapi buruh jika tetap berdemontrasi hingga tengah malam. Risiko itu seperti kebijakan potong gaji atau surat peringatan dari perusahaan.

"Aksi yang kami lakukan hingga jam 23.00 ini suatu hal yang di luar ekspektasi, masih banyak kawan yang tetap bertahan, karena ingat omnibus law UU Ciptaker jauh menakutkan," katanya.

Sejumlah buruh dari Gerakan Buruh Bersama Rakya (Gebrak) bersama massa dari Aliansi Aksi Sejuta Buruh, mahasiswa, dan buruh tani, menggelar demonstrasi di depan Monumen Nasional (Monas). Mereka mendesak pemerintah mencabut UU Cipta Kerja, UU Kesehatan, UU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK), dan mewujudkan jaminan sosial semesta sepanjang hayat.

Baca Juga: Demo Buruh di Monas Akhirnya Berhenti

Baca Juga: Demo Memanas, Ribuan Buruh Bakar Kayu di Depan Monas

Baca Juga: Demo Buruh di Depan Monas, Massa Bakar Baliho Bergambar Jokowi

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya