Demo Disambut Panas, Buruh Ramai-Ramai Pakai Payung di Patung Kuda  

Ribuan buruh akan gelar demo di depan Istana dan MK

Jakarta, IDN Times - Panas menyengat di Ibu Kota Jakarta, tidak menyurutkan tekad ribuan buruh untuk mengikuti demonstrasi di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2023).

Mereka memadati sepanjang Jalan Merdeka Selatan atau di sekitar depan Balai Kota DKI Jakarta hingga menutupi badan jalan. Mereka masih menunggu buruh lainnya untuk berjalan bersama ke titik kumpul di Patung Kuda.

Pantauan IDN Times, para pekerja wanita itu ramai-ramai membuka payung di atas jalanan. Salah seorang demonstran bernama Retno mengaku tidak kuat dengan cuaca panasnya Jakarta hari ini, meski demikian dia ingin tetap mengikuti demo sampai akhir.

"Iya panas banget, gak apa-apa bareng teman-teman," ujarnya sambil membuka payung dan menyeberang jalan.

Hampir 30 menit massa belum bergerak dari Jalan Merdeka Selatan tepatnya depan Balai Kota ke Patung Kuda atau depan Monumen Nasional (Monas), untuk menyuarakan aksinya.

Mereka memadati sepanjang jalanan. Akibatnya, lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan tersendat, dan pengendara sepeda motor menerobos ke trotoar.

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, mengatakan massa yang terjun berasal dari empat konfederasi besar di Indonesia, yakni KSPI, KSPSI AGN, KPBI, KSBSI.

"Dihadiri juga 60 federasi tingkat nasional seperti FSPMI, SPN, FSPKEP, FSPTK, termasuk melibatkan Serikat Petani Indonesia," kata dia.

Baca Juga: Ribuan Buruh Demonstrasi, Jalan Depan Balai Kota DKI Macet

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya