COVID-19 Naik Jelang Nataru, Kemenkes Imbau Segera Vaksinasi

Kasus COVID-19 mengalami kenaikan di sejumlah negara

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi COVID-19 di tengah kasus virus corona yang kembali melonjak jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan jelang Nataru mobilitas masyarakat semakin tinggi. Sisi lain, telah terjadi peningkatan kasus COVID-19 di sejumlah negara Asia tenggara seperti Singapura, Malaysia, Filipina, dan Indonesia. 

"Terkait hal ini, Kementerian Kesehatan mengeluarkan surat edaran tentang Kewaspadaan Terhadap Lonjakan COVID-19 bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri," ujarnya melalui keterangan, Selasa (12/12/2023).

Baca Juga: 25 Orang di Bandung Terpapar COVID-19, Sekda Imbau Perketat Prokes

1. Pelaku perjalanan luar negeri mempunyai risiko tertular COVID-19

COVID-19 Naik Jelang Nataru, Kemenkes Imbau Segera VaksinasiIlustrasi - Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (dok. Angkasa Pura II)

Nadia mengatakan dalam surat edaran tersebut pelaku perjalanan luar negeri mempunyai risiko tertular COVID-19, akibat interaksi dengan orang lain dari berbagai negara. 

Setiap orang perlu dipastikan mempunyai kekebalan yang cukup untuk melakukan perjalanan, sehingga tidak tertular dan menjadi sumber penularan selama perjalanan dan ketika kembali ke Tanah Air. 

”Sehingga sangat direkomendasikan untuk segera melengkapi vaksinasi COVID-19 baik dosis primer maupun booster sesuai ketentuan,” ujar Nadia.

2. Kemenkes imbau Dinkes berika vaksinasi COVID-19

COVID-19 Naik Jelang Nataru, Kemenkes Imbau Segera VaksinasiPenyuntikan vaksin bagi pelajar sebagai upaya percepatan program vaksinasi dan upaya melindungi pelajar dari COVID-19 saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Provinsi Papua Barat, Sabtu (28/8/2021) (ANTARA FOTO/Olha Mulalinda)

Nadia mengingatkan perlu ada upaya agar tingkat imunitas masyarakat tetap tinggi, dengan memastikan tersedianya pelayanan vaksinasi COVID-19.

”Kepala Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten/kota diminta untuk memastikan semua puskesmas dan fasyankes lainnya, yang berada di wilayah kerjanya tetap memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19,” ucapnya.

3. Langkah pencegahan penularan COVID-19

COVID-19 Naik Jelang Nataru, Kemenkes Imbau Segera VaksinasiIlustrasi cuci tangan. (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

Pemerintah daerah juga diminta menjamin ketersediaan vaksin dan logistik lainnya. Pemerintah daerah juga memastikan masyarakat mendapatkan informasi dengan baik mengenai lokasi mendapatkan layanan vaksinasi COVID-19.

Sebagai langkah pencegahan, berikut sejumlah antisipasi yang bisa dilakukan masyarakat, yakni:

1. Masyarakat yang batuk flu segera lakukan tes COVID-19. Jika hasilnya positif lakukan isolasi mandiri dan akses telemedisin setelah mendapatkan notifikasi dari Kemenkes. 

2. Gunakan masker saat sakit flu atau saat berada di kerumunan atau tempat umum yang berisiko.

3. Lakukan cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir.

4. Lengkapi vaksinasi sampai booster kedua.

5. Tunda bepergian ke daerah yang melaporkan lonjakan kasus COVID-19.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya