Duka Mendalam, 1.026 Tenaga Kesehatan Gugur Lawan COVID-19 

Turut berduka cita

Jakarta, IDN Times - Kabar duka terus menyelimuti Indonesia di tengah wabah COVID-19 yang kian mengganas. Sebanyak seribuan tenaga kesehatan telah gugur berperang melawan pandemik.

Berdasarkan data laporcovid19, hingga Senin (28/6/2021), terdapat 1.026 tenaga kesehatan meninggal dunia karena COVID-19.

"DUKA MENDALAM BANGSA INI
SERIBU NAKES GUGUR!
Seribu tenaga kesehatan yang gugur, adalah cerminan betapa buruknya penanganan pandemik di dalam negeri," tulis laporcovid-19 di akun Instagram.

Baca Juga: 7 Potret Haru Penghormatan Nakes Pertama yang Wafat di RS Wisma Atlet 

1. Tanda-tanda sistem kesehatan kolaps kian nyata

Duka Mendalam, 1.026 Tenaga Kesehatan Gugur Lawan COVID-19 Dua orang tenaga kesehatan beristirahat sejenak saat menunggu pasien di ruang isolasi COVID-19 Rumah Sakit Umum (RSU) Dadi Keluarga, Kabupetan Ciamis, Jawa Barat, Senin (14/6/2021). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi.

Dalam keterangannya, laporcovid-19 mengungkapkan, kondisi saat ini kian mengkhawatirkan, tenaga kesehatan pun banyak yang terpapar dan kelelahan.

"Tanda-tanda kolapsnya sistem kesehatan Indonesia dalam menangani pandemi terlihat jelas. Mulai dari RS kolaps, ventilator dan oksigen terbatas, hingga kematian pasien saat menunggu kamar dan gugurnya nakes," tulis laporcovid-19.

2. Penghormatan terakhir untuk nakes yang gugur

Duka Mendalam, 1.026 Tenaga Kesehatan Gugur Lawan COVID-19 Pusara Digital yang didedikasikan untuk para nakes yang wafat karena COVID-19. Dokumentasi Lapor COVID-19

Meski demikian, lanjut laporcovid-19, pemerintah hanya memilih diam dan berlindung di balik PPKM Mikro yang jelas tidak efektif.

Dalam akun media sosial tersebut, laporcovid-19 mengajak warganet memberikan penghormatan terakhir untuk nakes yang gugur.

"Kalian bisa memberikan penghormatan terakhir untuk nakes yang gugur dengan mengakses PUSARA DIGITAL melalui nakes.laporcovid19.org," ajak laporcovid-19.

3. Rincian 1.026 tenaga kesehatan yang gugur

Duka Mendalam, 1.026 Tenaga Kesehatan Gugur Lawan COVID-19 Ilustrasi. Seorang tenaga medis memakai pita hitam sebagai bentuk duka cita atas meninggalnya perawat RSVP dr Kariadi. Dok PPNI Jateng

Berikut rincian 1.026 tenaga kesehatan yang meninggal karena COVID, yang dilansir dari Laporcovid19: 

Dokter: 401 orang
Perawat: 325 orang
Bidan: 160 orang
Dokter gigi: 39 orang
Ahli teknologi lab medik: 30 orang
Rekam radiologi: 6 orang
Terapis gigi: 3 orang
Sopir ambulans: 2 orang
Tenaga farmasi: 3 orang
Elektromedik: 3 orang
Sanitarian: 5 orang
Apoteker: 9 orang
Fisikawan Medik: 1 orang
Epidemiolog: 2 orang
Entomoloh kesehatan: 1 orang
Tenaga kesehatan lainnya: 36 orang

Baca Juga: Sedih, 405 Dokter Meninggal Dunia karena COVID-19

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya