Comscore Tracker

7 Potret Haru Penghormatan Nakes Pertama yang Wafat di RS Wisma Atlet 

Liza Putrie Noviana masuk UGD sejak 3 Juni 2021 lalu

Jakarta, IDN Times - Suasana haru terlihat di area Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran pada Kamis malam, 24 Juni 2021. Sejumlah tenaga kesehatan yang berdiri di pinggi jalan menuju ke RSDC menyalakan lilin. Air mata pun menetes ketika mobil ambulans melewati mereka. 

Ambulans itu membawa jenazah perawat Liza Putrie Noviana. Ia menjadi nakes pertama di RSDC Wisma Atlet yang meninggal usai merawat pasien COVID-19 di sana. Kepergiannya seolah menandakan situasi pandemik di tanah air yang terus memburuk. 

Upacara penghormatan dan pelepasan jenazah Liza dipimpin langsung oleh Panglima Daerah Militer Jakarta Raya, Mayjen TNI Mulyo Aji. "Hari ini kita telah kehilangan seorang tenaga kesehatan yang berdedikasi tinggi, saudari Liza Putrie Noviana, AMK. Almarhumah lahir di Surakarta, 8 November 1987," ujar Mulyo seperti dikutip kantor berita ANTARA pada Jumat dini hari (25/6/2021). 

Liza, kata Mulyo, dibawa ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSDC Wisma Atlet sejak 3 Juni 2021 lalu. Tetapi, kondisinya terus menurun. Angka saturasi oksigennya drop, lalu terjadi demam, sesak nafas dan batuk berdahak. 

Almarhumah sempat dirujuk dari RSDC Wisma Atlet ke RSU Persahabatan pada 8 Juni 2021 lalu. Tetapi, ia berpulang pada 24 Juni 2021. 

Selain menyalakan lilin, para nakes juga menggelar salat jenazah. Liza meninggalkan seorang suami dan dua anak. Jenazah Liza akan dipulangkan di daerah tempatnya tinggal di Cilacap, Jawa Tengah. 

Berikut beberapa foto yang berhasil diabadikan untuk menggambarkan suasana haru ketika melepas rekan sejawat yang gugur karena COVID-19: 

Baca Juga: 350 Nakes Jepara Kena Corona, 20 Persen Diklaim Sembuh, RS Kekurangan Perawat 

1. Para nakes berdiri pinggir jalan sambil menyalakan lilin, memberikan penghormatan terakhir bagi Liza Putrie Noviana

7 Potret Haru Penghormatan Nakes Pertama yang Wafat di RS Wisma Atlet Para nakes sambil mengenakan APD melepas kepergian jenazah Liza Putrie Noviana dari RSDC Wisma Atlet pada 24 Juni 2021 (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Baca Juga: [BREAKING] Pertama Kali Nakes RS Wisma Atlet Meninggal karena COVID-19

2. Bendera merah putih sempat dibentangkan sebagai bentuk penghormatan bagi almarhumah Liza Putrie Noviana

7 Potret Haru Penghormatan Nakes Pertama yang Wafat di RS Wisma Atlet Beberapa personel TNI membentangkan bendera merah putih sebagai bentuk penghormatan terhadap jenazah Liza Putrie Noviana (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

3. Seorang nakes terlihat meneteskan air mata lepas kepergian rekan sejawat yang gugur melawan COVID-19

7 Potret Haru Penghormatan Nakes Pertama yang Wafat di RS Wisma Atlet Seorang tenaga kesehatan meneteskan air mata saat melepas jenazah rekannya Liza Putri Noviana pada Kamis, 24 Juni 2021 (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

4. Nakes menyalakan lilin dan mendoakan pandemik COVID-19 bisa segera terkendali

7 Potret Haru Penghormatan Nakes Pertama yang Wafat di RS Wisma Atlet Tenaga kesehatan membawa lilin saat akan memberi penghormatan terakhir pada jenazah rekannya Liza Putri Noviana pada Kamis, 24 Juni 2021 (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

5. Per 23 Juni 2021, sebanyak 8.096 pasien dirawat di RSDC Wisma Atlet. Alhasil, perawatan isolasi mandiri dialihkan ke tempat lain

7 Potret Haru Penghormatan Nakes Pertama yang Wafat di RS Wisma Atlet Kapasitas kamar perawatan dan isolasi mandiri di RSDC Wisma Atlet sudah penuh sejak terjadi lonjakan COVID-19 paska libur Lebaran (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

6. Berdasarkan data LaporCOVID-19, per 22 Juni 2021 sudah ada 974 nakes yang gugur melawan COVID-19 sejak pandemik ada di Indonesia

7 Potret Haru Penghormatan Nakes Pertama yang Wafat di RS Wisma Atlet Ilustrasi nakes di Wisma Atlet yang tengah beristirahat (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Baca Juga: [BREAKING] Pecah Rekor Tertinggi! Kasus COVID-19 Bertambah 20.574

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya