Heboh Penolakan Timnas Israel U-20, Heru Budi Buka Suara

Sejumlah tokoh daerah menolak kedatangan Timnas U-20 Israel

Jakarta, IDN Times - Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono buka suara terkait dengan rencana kedatangan Timnas Israel U-20. Menyusul penolakan Bali dan Jawa Tengah lewat Gubernur Wayan Koster serta Ganjar Pranowo, opsi Timnas Israel U-20 untuk berlaga kian sempit. Kini, hanya ada Jakarta, Surabaya, serta Palembang, yang bisa menampung Israel untuk bertanding.

"Itu urusannya PSSI," ujarnya pada media usai rapat persiapan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Balai Kota, Senin (27/3/2023).

1. Gubernur Bali sampai Ganjar tolak kedatangan Timnas Israel U-20

Heboh Penolakan Timnas Israel U-20, Heru Budi Buka SuaraGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Diketahui sejumlah kepala daerah lantang menolak kedatangan Timnas Israel U-20 untuk bermain di Indonesia. Terbaru Gubernur Bali, I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga menyuarakan penolakan pada kedatangan Timnas Israel U-20.

Keduanya menolak kedatangan Timnas Israel U-20 karena negara tersebut dianggap sebagai penjajah Palestina, dan mendukung kemerdekaan pada negara Palestina.

Baca Juga: PSSI: Israel Tak Mungkin Main di Negara Lain untuk Piala Dunia U-20

2. Muhadjir akan berkomunikasi dengan kepala daerah yang menolak

Heboh Penolakan Timnas Israel U-20, Heru Budi Buka SuaraMenko PMK, Muhadjir Effendy dalam acara Launching Peringatan Hari Santri 2021 pada Selasa (21/9/2021). (youtube.com/Kemenag RI)

Plt Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI), Muhadjir Effendy mengatakan ia sudah mengetahui sikap kedua gubernur tersebut. Ia mengatakan akan segera berkomunikasi dengan I Wayan Koster dan Ganjar Pranowo terkait masalah tersebut.

Apalagi Bali dan Solo adalah salah 2 dari 6 venue yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Timnas Israel U-20 bahkan dijadwalkan akan main di Stadion Manahan Solo. Sehingga resti dari kedua gubernur ini sangat penting.

"Kita saat ini masih proses (komunikasi), selain itu sebenarnya ini bukan domain saya sebagai Plt Menpora. Seharusnya sudah jadi domain dari FIFA, akan tetapi kita tetap menyiapkan saja semua," terangnya saat dikonfirmasi pada Sabtu (25/05/2023).

3. Masyarakat diminta sabar

Heboh Penolakan Timnas Israel U-20, Heru Budi Buka SuaraWarga Israel melakukan protes terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu atas dugaan korupsi dan cara pemerintahannya mengatasi krisis penyakit virus korona (COVID-19), di dekat kediamannnya di Yerusalem, Sabtu (25/7/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Ronen Zvulun

Saat dikonfirmasi sejauh mana komunikasi yang sudah dijalin, Muhadjir belum bisa menjelaskan detail. 

Ia meminta masyarakat bersabar untuk mendengarkan hasil negosiasi Kemenpora dengan 2 gubernur tersebut.

 

Baca Juga: PSSI Bingung Aksi Tolak Israel di Piala Dunia U-20 Baru Meledak

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya