Heru Kaji Wacana Masyarakat WFH saat KTT ASEAN Digelar di Jakarta

Sebanyak 26 negara akan hadiri KTT ASEAN

Jakarta, IDN Times- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengkaji wacana pemberlakuan bekerja dari rumah (work from home) bagi masyarakat saat rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta. Hal itu sebagai salah satu upaya menyukseskan penyelenggaraan KTT ASEAN.

Heru mengatakan pembahasan kajian tersebut akan melibatkan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya. 

“Berbagai kesiapan penyelenggaraan rangkaian KTT ASEAN di Jakarta dilakukan gotong royong, kerja sama lintas sektoral, di antaranya dalam perbaikan jalan dan penerangan lampu jalan dilakukan oleh Dinas Bina Marga, pengaturan lalu lintas dilakukan oleh Dinas Perhubungan, " ujar Heru dalam keterangan tertulis, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga: Swedia Tertarik Jadi Mitra Wicara ASEAN  

1. Setiap gedung perkantoran pasang umbul-umbul

Heru Kaji Wacana Masyarakat WFH saat KTT ASEAN Digelar di JakartaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Untuk mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN di Jakarta, Heru meminta Dinas Kesehatan menyiapkan dokter di lokasi penginapan para delegasi. Heru juga memerintahkan Dinas Pendidikan menyiapkan anak-anak sekolah untuk menyambut kedatangan rombongan delegasi berbagai negara.

"Setiap gedung perkantoran di Jakarta juga bisa menyemarakkan dengan memasang umbul-umbul atau spanduk, sehingga kemeriahan itu kita hadirkan bersama-sama,” ungkap Heru.

Baca Juga: Bertemu PM Kanada, Jokowi Bahas soal ASEAN dan Investasi IKN

2. Delegasi KTT ASEAN akan disambut meriah

Heru Kaji Wacana Masyarakat WFH saat KTT ASEAN Digelar di JakartaIlustrasi siswa sekolah (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Heru juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan Sekretaris Jenderal Kemenlu RI Cecep Herawan mengenai persiapan acara ASEAN Foreign Ministers' Meeting (AMM)/Post Ministerial Meetings (PMC) yang berlangsung pada 8-14 Juli 2023 dan KTT ASEAN Plus/ASEAN+3 Summit yang dilaksanakan pada 5-7 September 2023.

"Ada beberapa hal yang dibahas, di antaranya rute lalu lintas dari hotel para delegasi di ruas Jalan Sudirman, Thamrin, dan Gatot Subroto menuju venue. Kemudian, ada pula rencana mengerahkan anak-anak sekolah untuk memeriahkan acara dan menyambut kedatangan para delegasi di Jakarta. Kemeriahan juga akan dihadirkan melalui media luar ruang, sehingga masyarakat juga tersosialisasi dengan baik,” jelas Heru.

Baca Juga: ASEAN Kirim Bantuan untuk Korban Topan Mocha Myanmar 

3. Sebanyak 26 negara hadiri KTT ASEAN Plus

Heru Kaji Wacana Masyarakat WFH saat KTT ASEAN Digelar di JakartaPresiden Jokowi hadir di KTT ke-37 ASEAN secara virtual, di Istana Kepresidenan Bogor (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sementara itu, Cecep memaparkan, sebanyak 36 negara dan berbagai organisasi internasional akan menghadiri AMM/PMC. Sedangkan KTT ASEAN Plus akan dihadiri 26 negara dan organisasi internasional. 

Oleh karena itu, dibutuhkan koordinasi dengan berbagai pihak untuk menyukseskan acara bertaraf internasional tersebut.

"Ini adalah perhelatan yang besar karena negara mitra utama pun akan hadir. Sehingga, butuh sinergi yang erat dengan Pemprov DKI bagaimana kita bisa bersama-sama menyukseskan rangkaian acara ini," kata Cecep.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya