Heru Serahkan 30 Sertifikat Tanah Warga di Mampang Jakarta Selatan

Warga senang dapat sertifikat tanah gratis

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyerahkan 30 sertifikat tanah kepada warga di kelurahan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Sertifikat diserahkan secara langsung oleh Heru ke rumah warga, untuk memastikan kesesuaian penerima.

"Kita berikan door to door untuk memastikan penerima itu sesuai nama di sertifikat," kata Heru dalam keterangan, Rabu (24/1/2024).

Baca Juga: Gibran Sebut Pemerintah Terbitkan 110 Juta Sertifikat Tanah, Benarkah?

1. Program PTSL akan dilanjutkan di wilayah Jakarta

Heru Serahkan 30 Sertifikat Tanah Warga di Mampang Jakarta SelatanPemprov DKI Jakarta bagikan 30 sertifikat tanah gratis di Mampang Prapatan. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Pemberian sertifikat tanah ini merupakan bagian dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang memudahkan masyarakat mendapatkan jaminan kepastian hukum atas kepemilikan rumah berupa sertifikat tanah secara gratis. 

Menurut Heru, program PTSL akan dilanjutkan di berbagai wilayah di Jakarta dan pembagiannya dilakukan oleh wali kota dan camat. 

"Terus akan lanjut (program PTSL) dan sebenarnya banyak di tempat lain. Tapi karena itu parsial, bisa Pak Wali atau Pak Camat yang memberikan," ujarnya.

2. Pengajuan di kelurahan hampir setahun

Heru Serahkan 30 Sertifikat Tanah Warga di Mampang Jakarta SelatanPemprov DKI Jakarta bagikan 30 sertifikat tanah gratis di Mampang Prapatan. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Salah satu warga RT 2/RW 1 Kelurahan Mampang Prapatan, Diah, mengungkapkan rasa syukur karena mendapatkan sertifikat tanah secara gratis. 

"Kurang lebih hampir setahun pengajuannya waktu di kelurahan. Rasanya gimana ya, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Seumur hidup dari kecil belum punya sertifikat tanah. Ini kan rumah keluarga, sekarang dengan program yang ada, saya sangat bahagia," ungkapnya

3. Warga bersyukur dapat sertifikat gratis

Heru Serahkan 30 Sertifikat Tanah Warga di Mampang Jakarta SelatanPenjabat (Pj) Heru Budi Hartono di Kantor Kelurahan Mampang, Jaksel, Rabu (24/1/2024)/ IDN Times Dini Suciatiningrum

Ia juga mengucapkan apresiasi kepada Pemprov DKI Jakarta dan pihak terkait yang membantu menerbitkan permohonan sertifikat tanah secara gratis. 

"Khususnya Pak Gubernur, terima kasih banyak. Atau dengan pejabat terkait: Lurah, Camat. Pokoknya saya bahagia banget. Dengan dapat sertifikat rumah ini, akan meyakinkan bahwa ini milik saya. Pokoknya mudah-mudahan berkah, barokah untuk pemerintahan Jakarta," ujarnya

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya