Heru Temui Seribu Korban Kebakaran di Kapuk Muara, Penjaringan

Heru pastikan bantuan untuk kelompok rentan

Jakarta,IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengunjungi korban kebakaran Kelurahan Kapuk Muara di kantor Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (4/8/2023).

Heru menegaskan, pihaknya ingin memastikan sekitar seribu korban kebakaran yang tersebar di dua lokasi pengungsian terpenuhi kebutuhan dasarnya. Ia memberikan perhatian khusus kepada balita dan anak-anak yang tergolong rentan.

"Pemprov DKI bersama dengan pihak lain, termasuk Yayasan Buddha Tzu Chi, memberikan perhatian dan bantuan, terutama bagi anak-anak balita dan usia sekolah," ujar Heru dalam siaran tertulis.

Baca Juga: Kebakaran Kapuk Muara: 1.000 Lebih Warga Terpaksa Mengungsi di Tenda

1. Heru datangi posko pendistribusian bantuan

Heru Temui Seribu Korban Kebakaran di Kapuk Muara, PenjaringanPenjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengunjungi korban kebakaran Kelurahan Kapuk Muara. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Heru mendatangi posko pendistribusian bantuan, posko kesehatan, dapur umum, termasuk layanan psikososial di lokasi pengungsian. Di lokasi tersebut, Heru berinteraksi dengan para penyintas sambil menyerahkan bantuan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

"Saya bersama Dinas Sosial, Wali Kota Jakarta Utara, Yayasan Buddha Tzu Chi, dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat). Tentunya kehadiran kami di sini untuk memberikan perhatian dan empati kepada masyarakat korban kebakaran yang terjadi pada empat hari lalu," kata Heru.

2. Disdukcapil buka layanan di lokasi kebakaran

Heru Temui Seribu Korban Kebakaran di Kapuk Muara, PenjaringanPenjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengunjungi korban kebakaran Kelurahan Kapuk Muara. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Heru juga memastikan sinergi lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DKI Jakarta, dalam penanganan korban kebakaran. Mulai dari Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta yang bekerja sama untuk memberikan bantuan, baik secara material maupun dukungan psikososial kepada anak-anak penyintas.

"Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara yang menyiapkan kebutuhan layanan darurat di bidang kesehatan, hingga Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Utara yang membuka posko layanan administrasi kependudukan," paparnya.

3. Pemprov DKI Jakarta turut prihatin

Heru Temui Seribu Korban Kebakaran di Kapuk Muara, Penjaringan

Heru menambahkan, Pemprov DKI Jakarta turut berempati dan prihatin atas kejadian kebakaran kemarin. Pelayanan terus berlangsung, seperti memberikan trauma healing dan bantuan untuk kebutuhan sehari-hari lainnya. 

"Semoga tercukupi dan meringankan beban korban. Layanan adminduk sudah pasti berlangsung, kita cek masing-masing kebutuhan masyarakat terdampak,” tegas Heru.

Baca Juga: Tegas! Heru Budi Cabut KJP 2 Siswa yang Terlibat Tawuran 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya