Hore! Jakarta Ulang Tahun, Naik Transjakarta Gratis

Tarif spesial untuk memeriahkan HUT ke-495 Jakarta

Jakarta, IDN Times - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menggratiskan seluruh layanan bus Transjakarta pada Rabu (22/6/2022) mulai pukul 00.00 -23.59 WIB. Tarif Rp0 ini diterapkan untuk memeriahkan momen Jakarta Hajatan ke-495.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor mengatakan, digratiskannya layanan Transjakarta merupakan tindaklanjut dari Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Nomor e-0076 Tahun 2022 tentang Penugasan Tarif Layanan Khusus Transportasi Umum Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta dalam rangka HUT DKI Jakarta ke-495.

“Tarif spesial ini merupakan bentuk cinta kami kepada pelanggan dan juga Ibu Kota DKI Jakarta, tempat Transjakarta mengaspal setiap hari. Terima kasih kepada Pemprov DKI yang sukses menjaga Jakarta dan tumbuh dengan baik hingga saat ini,” ujar Anang dalam siaran tertulis, Selasa (21/6).

1. Gratis untuk layanan reguler Transjakarta

Hore! Jakarta Ulang Tahun, Naik Transjakarta GratisIlustrasi bus Transjakarta. (Dok. Humas Transjakarta)

Dia menerangkan, kebijakan meniadakan tarif tersebut berlaku untuk seluruh layanan Transjakarta, kecuali Royaltrans dan Mikrotrans.

“Transjakarta menggratiskan seluruh layanan reguler, kecuali layanan premium Royaltrans tetap dikenakan tarif normal Rp 20 ribu," katanya.

Baca Juga: Asyik! Rayakan Ultah Jakarta, Masuk Museum Gratis

Baca Juga: Peringatan HUT ke-495 DKI Dibuka, Anies Beri Nama Jakarta Hajatan 

2. Pelanggan tetap wajib tap in dan tap out

Hore! Jakarta Ulang Tahun, Naik Transjakarta GratisUji coba bus listrik Transjakarta X Higer berpelanggan (dok. Transjakarta)

Kendati gratis, lanjut Anang, pelanggan tetap diwajibkan melakukan tap in dantap out baik pada mesin gate maupun alat Tap on Bus (TOB) yang tersedia di dalam armada. Selain itu, Transjakarta juga tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang berlaku pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

“Ayo cintai Ibu Kota DKI dengan naik transportasi publik. Menjadi saksi pertumbuhan Transjakarta sebagai moda transportasi kebanggan warga DKI Jakarta yang lebih baik dalam melayani masyarakat,” ujar Anang.

3. Tahun ini Jakarta genap berusia 495 tahun

Hore! Jakarta Ulang Tahun, Naik Transjakarta GratisSuasana kawasan Monumen Nasional (Monas) dan gedung-gedung perkantoran di Jakarta, Kamis (13/8/2020) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Tahun 2022, Jakarta genap berusia 495 tahun. Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta diperingati setiap tanggal 22 Juni. Tanggal ulang tahun ini merujuk pada hari pasukan gabungan Kesultanan Demak dan Cirebon yang dipimpin oleh Fatahillah berhasil mengusir Portugis dari Sunda Kelapa pada tahun 1527.

Pada saat itulah, nama Sunda Kelapa berganti nama menjadi Jayakarta. Penetapan tanggal 22 Juni sebagai HUT DKI Jakarta digagas oleh Sudiro selaku Wali Kota DKI Jakarta periode 1958-1960, berdasarkan hasil penelitian M. Yamin, Dr.Sukamto, dan Sudarjo Tjokrosiswoyo dalam naskah berjudul Dari Jayakarta ke Jakarta.

 

Catatan: Artikel ini telah direvisi. Sebelumnya, layanan Transjakarta dalam berita ini diinformasikan menerapkan tarif Rp1 berdasarkan keterangan yang diterima dari PT Transjakarta. 

Baca Juga: Beda Kemeriahan HUT 495 DKI dengan Acara 2 Tahun Lalu Gegara Pandemik

Baca Juga: Undang Musisi Kenamaan, Puncak Acara HUT DKI Jakarta digelar di JIS

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya