Hore! Menkes Pesan 2 Ribu Vaksin Cacar Monyet dari Denmark

Vaksin cacar monyet jadi strategi penanganan wabah monkeypox

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, Indonesia telah memesan 2 ribu dosis vaksin cacar monyet atau monkeypox dari Bavarian Nordic, Denmark.

"Kita sudah memesan 2 ribu dosis dari Bavrian Nordic, dibantu KBRI Denmark karena ada vaksin monkeypox di sana," ujar Menkes dalam rapat Komisi IX DPR secara virtual, Selasa (30/8/2022)

Baca Juga: Menkes Budi: Cacar Monyet yang Masuk Indonesia Varian Afrika Barat 

1. Orang yang sudah divaksinasi cacar relatif terlindungi

Hore! Menkes Pesan 2 Ribu Vaksin Cacar Monyet dari Denmarkilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Herka Yanis).

Budi mengatakan, orang yang lahir sebelum 1980 dan sudah divaksinasi cacar air memiliki antibodi virus ini, karena virusnya hampir sama.

"Artinya relatif terlindungi dari monkeypox ini," katanya.

2. Kemenkes sebarkan informasi pencegahan monkeypox ke kelompok rentan

Hore! Menkes Pesan 2 Ribu Vaksin Cacar Monyet dari DenmarkPara lansia yang berada di Griya Lansia sedang bersantai didepan kamar mereka. IDN Times/Alfi Ramadana

Selain vaksinasi, strategi penanganan wabah monkeypox di Tanah Air melalui giat screening pada kelompok berisiko dengan melibatkan komunitas populasi kunci.

"Sudah menyebarkan informasi tentang faktor risiko, pencegahan, pencegahan monkeypox kepada dinas-dinas kesehatan, masyarakat dan kelompok risiko," katanya.

3. Kapasitas laboratorium diperkuat

Hore! Menkes Pesan 2 Ribu Vaksin Cacar Monyet dari DenmarkIlustrasi laboratorium (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Budi menambahkan, pihaknya juga menguatkan kapasitas laboratorium dengan mempersiapkan lab-lab pemeriksaan utama yang tersebar di Indonesia.

"Kita sudah distribusikan reagennya ke kota-kota besar yang berpotensi monkeypox dan bangun jaringan genome sequencing untuk membantu deteksi monkeypox," tuturnya.

Baca Juga: 5 Gejala Cacar Monyet yang Kini Menjadi Wabah Global

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya