Imam Besar Istiqlal Pimpin Doa Pemakaman Azyumardi di TMP Kalibata

Azyumardi Azra meninggal di Malaysia

Jakarta, IDN Times - Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, memimpin doa dalam upacara pemakaman almarhum Profesor Azyumardi Azra di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2022).

Ratusan pelayat larut dalam doa yang dilantunkan Nasaruddin untuk jenazah Ketua Dewan Pers tersebut.

Baca Juga: Jenazah Azyumardi Azra Tiba di TMP Kalibata, Disambut Ratusan Pelayat 

1. Proses pemakaman dilakukan secara militer

Imam Besar Istiqlal Pimpin Doa Pemakaman Azyumardi di TMP KalibataJenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra telah tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Selasa (20/9/2022). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Pantauan IDN Times di lokasi, prosesi pemakaman Azyumardi Azra dilakukan secara militer oleh TNI.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Proses pemakaman yang dimulai sejak pukul 08.57 WIB, berjalan khidmat.

2. Azyumardi Azra meninggal dunia di Rumah Sakit di Malaysia

Imam Besar Istiqlal Pimpin Doa Pemakaman Azyumardi di TMP KalibataIlustrasi Azyumardi Azra (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia di Rumah Sakit Kedah, Selangor, Malaysia. Wakil Ketua Dewan Pers Agung Dharmajaya mengatakan, Azyumardi wafat pada Minggu (18/9/2022) pukul 12.30 waktu setempat.

“Betul terkonfirmasi tadi pukul 12.30 waktu setempat beliau mengembuskan napas (terakhir),” kata Agung saat dikonfirmasi jurnalis, hari Minggu lalu.

3. Jenazah Azyumardi Azra tiba di Indonesia Senin malam

Imam Besar Istiqlal Pimpin Doa Pemakaman Azyumardi di TMP KalibataKetua Dewan Pers, Azyumardi Azra saat mengunjungi kantor IDN Media HQ pada Jumat (24/6/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Keluarga almarhum Azyumardi Azra menginformasikan, jenazah tiba di Indonesia pada Senin (19/9/2022) malam. Ada perubahan jadwal penerbangan jenazah almarhum.

"Jadi, habis pengajian tadi info dari KBRI ada perubahan jadwal yang awalnya penerbangan pertama, jadi penerbangan terakhir. Namun untuk prosedur pemakaman, semua tidak ada perubahan," ujar keponakan Azyumardi, Armia Putriana, dilansir ANTARA.

Azyumardi dinyatakan sakit dalam penerbangan menuju Malaysia pada Jumat (16/9/2022). Almarhum terbang menuju Malaysia untuk menjadi narasumber Konferensi Internasional Persidangan Antarbangsa 'Kosmopolitan Islam' di Selangor, 17 September 2022.

Setelah mengeluhkan sakit, Kedutaan Besar RI di Malaysia dan tim panitia kegiatan merujuk almarhum untuk dirawat di RS Serdang. Namun, pada Minggu (18/9/2022), Azyumardi Azra mengembuskan napas terakhirnya di Malaysia.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Kenang Almarhum Azyumardi Azra Akademisi Kaliber Dunia

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya