Ini Titik-titik Vaksinasi Dosis Booster di Sepanjang Jalur Mudik

Ada di berbagai rest area, jembatan timbang, dan ruas utama

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Adita Irawati, mengatakan pihaknya akan memberikan fasilitas bagi pemudik yang belum melakukan vaksinasi COVID-19 dosis booster.

Meski demikian, vaksinasi yang disediakan jumlahnya terbatas, sehingga dia mengimbau agar pemudik melakukan vaksinasi sebelum melakukan perjalanan.

"Kita berikan bantuan dalam jumlah terbatas, dan nanti akan dilakukan di beberapa titik rest area di jalan-jalan utama yang dekat dengan jembatan timbang, atau ruas-ruas yang jalur mudik yang utama," ujarnya dalam konferensi pers Kesiapan Lebaran 2022, Jumat (8/4/2022).

1. Pelabuhan Merak sediakan gerai vaksinasi

Ini Titik-titik Vaksinasi Dosis Booster di Sepanjang Jalur MudikIlustrasi kendaraan saat mengantre di pelabuhan. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menambahkan, selain menyiapkan pelayanan lalu lintas, pihaknya juga menyiapkan pos kesehatan di sejumlah jembatan timbang. 

Dia mengatakan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) juga membuka gerai vaksin dosis pertama, kedua, hingga booster atau dosis ketiga secara gratis sebagai syarat perjalanan.

"Pelayanan seperti vaksin booster juga disediakan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Merak Bekauni," ujarnya.

2. Pemudik jalur darat diperkirakan mencapai 40 juta

Ini Titik-titik Vaksinasi Dosis Booster di Sepanjang Jalur MudikIlustrasi petugas polisi menghalau pemudik. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Andita melanjutkan, jumlah pemudik yang menggunakan jalur darat baik bus, sepeda motor, atau kendaran pribadi lainnya diperkirakan mencapai 40 juta orang, sehingga tidak mungkin dilakukan pengecekan syarat mudik salah satunya vaksin booster.

"Oleh karena itu, yang paling utama saat ini adalah kami mengimbau masyarakat untuk membangun kesadaran, bahwa vaksin booster itu penting dilakukan," katanya.

Baca Juga: Mau Mudik, Cek Tarif Tol Jakarta-Malang 2022 di Sini

3. Vaksinasi booster sebelum mudik

Ini Titik-titik Vaksinasi Dosis Booster di Sepanjang Jalur MudikIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Andita mengingatkan, pemudik akan bertemu keluarga di kampung halaman. Sehingga, vaksinasi dosis booster tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga keluarga yang sudah lanjut usia atau memiliki komorbid. 

"Kita umumkan syarat sejak 2 April, artinya kita mau mengedukasi masyarakat ini harus dipenuhi semua untuk kepentingan masyarakat, dan booster sangat mudah didapatkan dan gratis," imbuhnya.

Baca Juga: Yes! Mudik dari Jalur Bekasi ke Jawa Tidak Ada Penyekatan

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya