Jakarta akan Diguyur Hujan Siang Ini

Yang mau jalan-jalan ke luar rumah siapkan payung yaa~

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofosika (BMKG) memprediksi sebagian besar wilayah Jakarta akan diguyur hujan dengan intensitas ringan pada Minggu (9/2) siang.

Dilansir dari Antara, kawasan yang mengalami hujan ringan yakni, Jakarta bagian tengah dan Selatan akan mengalami hujan ringan yaitu di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan.

1. Suhu di ibukota berkisar 24-32 derajat celcius

Jakarta akan Diguyur Hujan Siang IniIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Untuk kawasan bagian pesisir seperti Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diprediksi berawan sampai malam hari

Sedangkan suhu di ibu kota berkisar 24-32 derajat celcius dengan kelembapan 75-95 persen.

2. Curah hujan ekstrem di wilayah Jabodetabek sebabkan banjir

Jakarta akan Diguyur Hujan Siang IniIDN Times/Muhamad Iqbal

Sebelumnya, BMKG menyebutkan curah hujan ekstrem di wilayah Jabodetabek menjadi penyebab banjir di Jakarta pada Sabtu pagi. Curah hujan yang tinggi menyebabkan sejumlah aliran sungai yang bermuara di Jakarta meluap.

Berdasarkan catatan BMKG, curah hujan tertinggi pada hari Selasa terjadi di kawasan Pulomas Jakarta Timur, dengan intensitas 244,2 mm/hari atau masuk dalam kategori ekstrem.

Baca Juga: Hujan Deras Sejak Semalam, Ini Titik-Titik Banjir di Seputar Jakarta

3. Curah hujan wilayah Indonesia dibagi tiga periode

Jakarta akan Diguyur Hujan Siang IniKepala BMKG Dwikorita Karnawati (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan curah hujan wilayah Indonesia pada bulan Februari yang dibagi menjadi tiga dasarian (periode per 10 hari) berada di kriteria menengah dengan intensitas curah hujan 50-150 mm per dasarian.

"Berdasarkan analisis spasial distribusi curah hujan, perkembangan musim hujan hingga akhir Januari 2020, 99 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan sedangkan 1 persen wilayah masih mengalami musim kemarau," kata Dwikorita.

4. Curah hujan tinggi tidak hanya di Jabodetabek, tapi di wilayah di lainnya

Jakarta akan Diguyur Hujan Siang IniIlustrasi (IDN Times/Rochmanudin)

Wilayah yang sudah memasuki musim hujan meliputi Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Bali, NTB, sebagian NTT, Pulau Kalimantan, sebagian besar Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Sulawesi Barat, sebagian besar Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

"Akan terjadi curah hujan tinggi tidak hanya di Jabodetabek, tapi di wilayah Indonesia lainnya. Masih harus waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang berpotensi terjadi banjir, banjir bandang, longsor, dan gelombang tinggi," kata Dwikorita.

5. Pada dasarian kedua Februari hujan kategori tinggi akan mengguyur wilayah ini

Jakarta akan Diguyur Hujan Siang IniIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Pada dasarian pertama Februari wilayah diperkirakan mengalami hujan kategori tinggi berada pada Sumatera Barat bagian selatan, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah bagian tengah, Kalimantan Barat bagian utara, Sulawesi Tenggara bagian utara, Sulawesi Selatan bagian utara, dan Papua bagian tengah.

Pada dasarian kedua Februari wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori tinggi berada di Jambi bagian barat, Jawa Barat bagian timur, Jawa Tengah bagian timur, dan Papua bagian tengah. Pada dasarian ketiga Februari wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori tinggi berada di Papua bagian tengah.

Baca Juga: Diguyur Hujan Semalaman, Jakarta Direndam Banjir Lagi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya