Jakarta Tak Jadi Tuan Rumah Formula E 2024, Heru Serahkan ke JakPro

Formula E tidak digelar karena bertepatan Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menegaskan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak akan melakukan lobi-lobi agar Jakarta tetap menjadi tuan rumah Formula E 2024. Dia menyerahkan nasib Formula E kepada PT Jakarta Propertindo (JakPro) selaku pemegang lisensi.

"Saya enggak (lobi-lobi), cuma JakPro saja silakan B2B, apakah mundur menguntungkan, atau cari tanggal yang pas, saya serahkan ke JakPro," kata Heru usai rapat di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (23/10/2023).

Baca Juga: Indonesia Dicoret dari Daftar Tuan Rumah Formula E 2024

1. Heru minta JakPro berkomentar terkait pencoretan Jakarta jadi tuan rumah

Jakarta Tak Jadi Tuan Rumah Formula E 2024, Heru Serahkan ke JakProPenjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat rapat anggaran di DPRD DKI, Senin (23/10/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Heru meminta agar JakPro juga buka suara terkait pencoretan Jakarta sebagai tuan rumah ajang balapan Formula E 2024.

"Saya minta Jakpro bisa mengomentari, ini kan Business-to-Business (B2B), karena situasi ya politik," ujar Heru.

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 yang Meraih 50 Kemenangan Selama Kariernya

2. Formula E memutuskan tak menggelar balapan di Jakarta karena Pemilu

Jakarta Tak Jadi Tuan Rumah Formula E 2024, Heru Serahkan ke JakProIlustrasi bendera partai politik (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Indonesia tak lagi masuk sebagai salah satu tuan rumah dalam ajang balapan Formula E 2024. Dalam laman resminya, FIA resmi merilis kalender balap Formula E 2024 dan Jakarta tak masuk dalam daftar.

Sejatinya, balapan Formula E Jakarta, Indonesia diagendakan berlangsung pada Sabtu, 8 Juni 2024. Namun, menyusul masa kampanye dan pemilihan umum (pemilu) di Indonesia pada 2024, Formula E memutuskan tak menggelar balapan di Jakarta.

"Turnamen yang diagendakan di Jakarta pada Sabtu, 8 Juni 2024 tidak akan berlangsung menyusul pengumuman pemilihan umum di Indonesia sepanjang bulan Juni (2024)," tulis Formula E dalam laman resminya pada Jumat (20/10/2023).

Baca Juga: Christian Horner Puji Performa Oke McLaren di Formula 1 2023

3. Pengiriman logistik akan terganggu

Jakarta Tak Jadi Tuan Rumah Formula E 2024, Heru Serahkan ke JakProilustrasi formula E (ANTARA/ (Mike Stobe/Getty Images for Kaspersky/AFP)

FIA menilai, jika balapan tetap dilaksanakan, maka pengiriman logisitk dan kebutuhan penyelenggaraan Formula E di Jakarta akan terganggu.

"Formula E dan pihak berwenang di Jakarta sedang menjajaki kemungkinan balapan dilakukan di kota tersebut pada alternatif waktu lainnya.

Indonesia baru dua kali menjadi tuan rumah balapan Formula E. Pertama kali Jakarta menjamu Formula E pada 4 Juni 2022 dan dilanjutkan pada Formula E edisi 2023 dengan dua seri pada 3-4 Juni.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya