Jokowi: Kebaya Lambang Masyarakat Indonesia yang Lemah Lembut

Istana Berkebaya sambut HUT ke-78 RI

Jakarta, IDN Times - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko "Jokowi" Widodo membuka pagelaran Istana Berkebaya di depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Minggu (6/8/2023).

Acara Istana Berkebaya merupakan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. Jokowi mengatakan kebaya merupakan karakter masyarakat Indonesia. Melalui acara ini, Jokowi ingin mengenalkan karakter dan kepribadian masyarakat Indonesia 

"Kebaya itu melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun, yang lemah lembut, yang sopan, dan bersahaja," kata Jokowi.

1. Tiap daerah mempunyai kebaya sendiri

Jokowi: Kebaya Lambang Masyarakat Indonesia yang Lemah LembutFashion Show Istana Berkebaya/dok Humas Pemprov DKI

Jokowi menambahkan gelaran ini semestinya tidak hanya gencar dilakukan di DKI Jakarta namun juga di daerah lainnya dengan kebaya khas  masing-masing. 

"Karena ada kebaya encim di Jakarta, ada kebaya Sunda, kebaya Jawa, kebaya Kalimantan, Sulawesi, Sumatra semuanya ada kebaya," imbuh Jokowi.

Baca Juga: Jajal LRT Jabodebek, Jokowi: Saya Merasa Nyaman

2. Masyarakat agar gemar memakai kebaya

Jokowi: Kebaya Lambang Masyarakat Indonesia yang Lemah LembutFashion Show Istana Berkebaya/Humas Pemprov DKI Jakarta

Menurut Jokowi, jika selalu ditampikan maka akan lahir kreasi dengan desain yang baru sehingga inovasi akan terus bermunculan. Tentunya, lanjut Jokowi, akan muncul dengan desain dengan warna-warni Indonesia.

"Kita ingin tidak hanya menteri, tidak hanya di gubernuran, tapi untuk masyarakat secara luas. Kita ingin agar menyenangi kembali, menggemari lagi pemakaian kebaya di seluruh kegiatan, seluruh event-event yang ada di Tanah Air," harapnya.

3. Iriana Jokowi lontarkan pantun

Jokowi: Kebaya Lambang Masyarakat Indonesia yang Lemah LembutFashion Show Istana Berkebaya/dok Humas Pemprov

Dalam rangkaian acara peringatan HUT Ke-78 RI tersebut, Jokowi mengenakan baju koko sadariah berwarna hitam lengkap dengan peci dan sarung hijau terbalut di leher. Sementara itu, Ibu Negara memakai kebaya encim berwarna merah dan kain Betawi warna senada.

Iriana Jokowi turut memeriahkan acara dengan membacakan pantun. 

"Sebelum acara dimulai, izin Pak Jokowi, saya mau berpantun, bunga menur bunga raflessia. Mekar sekuntum, merah merona. Citra luhur wanita Indonesia. Pribadi anggun dengan kebaya," ujar Iriana yang diikuti dengan riuh tepuk tangan para hadirin.

Baca Juga: Salah Desain Jembatan LRT Jabodebek, Jokowi: Kita Evaluasi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya