Kebut Perbaikan JIS, Pemprov DKI Masih Rapikan Jalan Sisi Timur

JIS salah satu alternatif venue Piala Dunia U-17

Jakarta, IDN Times - Pemerintah menargetkan perbaikan Jakarta Internasional Stadium (JIS) dilakukan selama tiga bulan. Perbaikan itu dikebut setelah JIS dijadikan salah satu alternatif venue pertandingan Piala Dunia U-17.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun mengaku siap menyempurnakan stadion JIS agar sesuai dengan kriteria FIFA.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan, saat ini pihaknya tengah merapikan jalan di sisi bagian timur, tepatnya antara JIS dan Waduk Cincin.

"Jalannya kami rapikan, nanti bisa masuk tol, itu untuk kepentingan umum semuanya. Kemarin kan kami sudah sampaikan, melalui wilayah kota, Pak Wali (Wali Kota Jakarta Utara) mem-back up itu supaya masuk tol juga bisa lewat situ," ujarnya, Jumat (7/7/2023).

Baca Juga: Renovasi JIS Capai Rp5 T, Erick: Banyak Penyebar Hoaks

1. Anggaran pintu timur JIS masih dirapatkan

Kebut Perbaikan JIS, Pemprov DKI Masih Rapikan Jalan Sisi TimurUpdate pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jumat (14/1/2022). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Terkait anggaran pembangunan pintu timur yang jadi tanggung jawab Pemprov DKI, Heru mengaku belum bisa menyebutkannya. Pasalnya, hal tersebut saat ini masih akan dirapatkan dengan berbagai pihak, termasuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Nanti masih ada rapat lagi, dari Pemda, Menteri PUPR ada, dari PT Kereta Api ada, semua lah sama-sama," ujar dia.

Baca Juga: Jubir Anies Ungkap Kejanggalan di Balik Rencana Renovasi Rumput JIS

2. Pekerjaan perbaikan JIS dilakukan bersama Kementerian PUPR dan KAI

Kebut Perbaikan JIS, Pemprov DKI Masih Rapikan Jalan Sisi TimurPenjabat (PJ) Heru Budi Hartono bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri BUMN Erick Thohir usai mengecek kondisi Jakarta International Stadium (JIS), Selasa (4/7/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Sebelumnya, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan, biaya perbaikan JIS dilakukan bersama-sama oleh Pemprov DKI bersama Kementerian PUPR dan KAI.

Untuk, pembangunan akses (ramp off) tol Harbour Road (HBR) akan dikerjakan Jasa Marga dengan dukungan pembangunan gerbang (gate) dari Kementerian PUPR. 

Sementara pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) dari stasiun kereta api rel listrik (KRL) dekat JIS dilimpahkan ke Pemprov DKI.

Baca Juga: Soal Renovasi JIS, Heru Akan Tambah Pintu Keluar Penonton

3. Pemprov DKI bangun JPO ke JIS

Kebut Perbaikan JIS, Pemprov DKI Masih Rapikan Jalan Sisi TimurSuasana JIS di malam hari. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Pemprov DKI, kata Basuki, membiayai pembangunan JPO dari stasiun KRL dekat JIS. Tak hanya itu, DKI juga bertanggung jawab untuk membangunan pintu timur JIS.

"Semua keroyokan, ada yang dikerjakan Pak Gubernur DKI, ada yang dikerjakan PUPR, ada yang dikerjakan KAI, Jasa Marga. Semua keroyokan kalau nanti diperiksa FIFA, bisa insyaallah memenuhi syarat untuk bisa dipakai. Sayang kalau stadion sudah begini, gak memenuhi syarat," kata Basuki, Selasa (4/7/2023).

Baca Juga: DPRD DKI Minta Perbaikan JIS Tak Perlu Dipolitisasi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya