Kemenkes: 57 Pasien Mpox Lelaki dengan Perilaku Seks Menyimpang

Sebanyak 39 pasien dengan HIV (ODHIV)

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan mencatat, sampai 22 November ada 57 pasien konfirmasi Mpox di Indonesia. Dari jumlah tersebut ada satu yang meninggal dunia.

Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan, Farchanny, menerangkan pasien Mpox di dominasi di DKI jakarta sebanyak 42 pasien, diikuti Banten 6 kasus, Jawa Barat 6 kasus, Jawa Timur 2 kasus, dan Kepulauan Riau 1 kasus.

“100 persen kasus berjenis kelamin laki-laki, dengan rentang usia terbanyak pada kelompok 30-39 tahun diikuti rentang usia 25-29 tahun," ujar Farchanny dilansir laman Kementerian Kesehatan, Jumat (24/11/2023).

1. Pasien MPox punya catatan perilaku seks menyimpang

Kemenkes: 57 Pasien Mpox Lelaki dengan Perilaku Seks MenyimpangIlustrasi LGBT (IDN Times/Arief Rahmat)

Dia menerangkan, pasien MPox mempunyai catatan perilaku seks berganti pasangan dan menyukai sesama jenis, paling banyak seks lelaki dengan lelaki. 

Baca Juga: 5 Perbedaan Cacar Monyet dan Cacar Air, Jangan sampai Tertukar!

2. Sebanyak 39 pasien dengan HIV (ODHIV) disertai penyakit sipilis

Kemenkes: 57 Pasien Mpox Lelaki dengan Perilaku Seks MenyimpangIlustrasi: Petugas melakukan tes HIV pada darah seorang warga saat pemeriksaan HIV secara gratis di halaman Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (30/11/2019). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Bukan hanya punya penyakit bawaan HIV, ada juga penyakit lain yang diderita oleh penderita Mpox. 

"Sebanyak 57 pasien Mpox itu mayoritas disertai penyakit penyerta, di mana 39 di antaranya orang dengan HIV (ODHIV). Kemudian disertai penyakit sipilis ada 16 kasus, hipertensi 2 kasus, Herpes 2 kasus, dan TBC ada 2 kasus," kata Farchanny. 

3. Segera periksa jika terdapat gejala bintik merah

Kemenkes: 57 Pasien Mpox Lelaki dengan Perilaku Seks Menyimpangilustrasi monkeypox (pixabay.com/TheDigitalArtist)

Farchanny mengimbau masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan, mulai dari praktik seks yang aman termasuk membatasi jumlah pasangan seks, serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat .

“Jika mengalami gejala mengarah Mpox seperti muncul bintik-bintik merah dan demam, segera periksakan diri fasilitas layanan kesehatan terdekat, batasi kegiatan di luar rumah serta menghindari kerumunan," lanjutnya.

Baca Juga: Pernah Kena Cacar Air, Bisakah Terinfeksi Cacar Monyet?

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya