Kemenkes: 7 Pasien Cacar Monyet di DKI Laki-Laki Akibat Hubungan Seks

Kasus cacar monyet terus bertambah

Jakarta, IDN Times - Kasus cacar monyet atau Monkeypox di ibu kota terus bertambah. Dinas Kesehatan DKI Jakarta melaporkan, kasus atau pasien cacar monyet saat ini sudah ada 12 orang. 

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, sementara 7 dari 12 pasien terkonfirmasi Monkeypox adalah laki-laki usia produktif. Mayoritas atau sekitar 71 persen adalah laki-laki berusia 25-29 tahun, sementara 29 persen di antaranya adalah laki-laki berusia 30-39 tahun. 

"Dari hasil penelusuran diketahui 6 pasien Monkeypox juga merupakan Orang Dengan HIV (ODHIV), dan memiliki orientasi biseksual," ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (25/10/2023).

Baca Juga: Warning! Dinkes DKI Temukan 12 Kasus Cacar Monyet di Jakarta 

1. Pasien jalani isolasi

Kemenkes: 7 Pasien Cacar Monyet di DKI Laki-Laki Akibat Hubungan SeksIlustrasi ruang isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Maxi mengungkapkan, saat ini seluruh pasien sedang menjalani perawatan intensif di ruang isolasi di sejumlah rumah sakit di Jakarta. Perawatan akan dilakukan hingga luka mengering dengan sempurna.

“Untuk kondisinya, semua baik dan stabil. Kita pantau secara ketat dan terus menerus. Saat ini kita juga sedang memonitor pihak-pihak yang melakukan kontak erat dengan pasien,” terang Maxi.

2. Faktor perilaku seks berisiko

Kemenkes: 7 Pasien Cacar Monyet di DKI Laki-Laki Akibat Hubungan SeksIlustrasi LGBT (IDN Times/Arief Rahmat)

Maxi juga membeberkan bahwa pasien Monkeypox memiliki faktor perilaku seks berisiko, dengan munculnya lesi dan ruam kemerahan, diikuti demam, pembesaran kelenjar getah bening, nyeri tenggorokan, myalgia, ruam, dan sulit menelan.

"Penularan terjadi dari manusia ke manusia karena kontak langsung dengan cairan tubuh atau lesi kulit orang yang terinfeksi," katanya.

Baca Juga: Dinkes Kota Tangerang Pastikan Belum Ada Kasus Cacar Monyet

3. Total kasus aktif cacar monyet ada 12

Kemenkes: 7 Pasien Cacar Monyet di DKI Laki-Laki Akibat Hubungan SeksIlustrasi cacar monyet

Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan, total kasus cacar monyet di Jakarta sejak ditemukan pada Agustus 2022 ini ada 13 orang.

"Monkeypox DKI Jakarta per 25 Oktober 2023 jam 09.00, total kasus positif 13 orang terdiri dari 1 kasus Agustus 2022 yang sudah sembuh, dan 12 kasus positif aktif," ujar Ngabila dalam pesan tertulisnya, Rabu (25/10/2023).

Ngabila mengatakan, 13 kasus tersebut terdiri dari satu kasus Monkeypox pada Agustus 2022 lalu yang sudah sembuh, satu kasus ditemukan pada 13 Oktober 2023, satu kasus lagi terdeteksi pada 19 Oktober, dan pada 21 Oktober ditemukan 5 kasus. Kemudian 2 kasus pada 23 Oktober, dan 3 kasus pada 24 Oktober.

"Saat ini 12 pasien cacar monyet masih menjalani isolasi mandiri. Salah satu positif hasil dari kontak erat seksual," imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya