Kemenkes Sediakan Pos Layanan Vaksinasi Booster di Jalur Mudik 

Pemberian vaksinasi pada pos mudik sebagai upaya terakhir

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyiapkan pos layanan vaksinasi booster di jalur mudik untuk mempermudah pemudik mendapatkan vaksinasi. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang memiliki jadwal vaksinasi booster tepat saat mudik Lebaran.

"Pemberian vaksinasi pada pos mudik itu sebagai upaya terakhir," ujar Juru Bicara Vaksinasi COVID-19, Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dalam siaran tertulis, Minggu (17/4/2022).

Baca Juga: Menhub: Tak Ada Penyekatan dan Putar Balik di Mudik Lebaran 2022

1. Masyarakat diimbau tetap vaksinasi booster sebelum mudik

Kemenkes Sediakan Pos Layanan Vaksinasi Booster di Jalur Mudik Petugas kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 dosis ketiga yang akan disuntikkan kepada warga saat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 Booster. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Meski demikian, Nadia tetap mengimbau masyarakat agar  tetap melakukan vaksinasi booster sebelum mudik supaya perlindungan imunitas sudah ada saat melakukan mudik.

“Kita mengimbau kepada masyarakat kalau kita mau mudik nyaman dan aman hendaknya segera vaksin booster, jangan dipaksain vaksinasi booster pada saat mudik sehingga menghindari penumpukan keramaian di tempat vaksin,” katanya.

Baca Juga: Daftar Tarif Tol Semarang-Pemalang 2022 untuk Mudik Lebaran

2. Jumlah vaksin disesuaikan dengan pos mudik

Kemenkes Sediakan Pos Layanan Vaksinasi Booster di Jalur Mudik Tinjau Pos Pengaman Mudik, Korlantas Putar Balik 103 Ribu Kendaraan (Dok. Korlantas Polri)

Untuk jumlah dan penempatan pos, lanjutnya, akan dikoordinasikan dengan Kementerian Perhubungan, TNI, dan Polri. Sebab, ini terkait dengan persediaan SDM maupun juga pengelolaan rantai dingin vaksinnya.

Jumlah vaksin yang disediakan pada saat mudik lebaran ini, lanjut Nadia, disesuaikan dengan jumlah pos mudik. Sebagai contoh pos mudik besar bisa mencapai 1.000 dosis, sementara posko kecil mungkin sekitar 150 sampai 300 dosis.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi Tol dengan Ganjil Genap dan One Way saat Mudik 2022

3. Kemenkes siapkan ambulans jika ada kasus KIPI

Kemenkes Sediakan Pos Layanan Vaksinasi Booster di Jalur Mudik Ilustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis).

Nadia memastikan jika ada kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) prosedur penanganan KIPI tetap disiapkan.

“Jadi akan ada ambulans yang standby yang nanti akan membawa kalau memang ada kasus KIPI yang tentunya sesuai kriteria butuh perawatan di rumah sakit. Tapi kalau KIPI nya ringan cukup dengan minum pereda nyeri seperti paracetamol,” tambahnya.

4. Vaksinasi booster menjadi syarat untuk melakukan mudik Lebaran

Kemenkes Sediakan Pos Layanan Vaksinasi Booster di Jalur Mudik Ilustrasi mudik. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Selain itu untuk para pengelola berbagai moda transportasi, Kemenkes akan memastikan semua pengemudi dan juga staf pendukungnya sudah mendapatkan vaksinasi booster sesuai dengan jadwalnyaa sebelum masa mudik.

Vaksinasi booster menjadi syarat untuk melakukan mudik lebaran tahun 2022. Jadi masyarakat diminta untuk tidak menunda vaksinasi booster agar saat mudik sudah tercipta antibodi dalam tubuh.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya