Kisruh Wamena, Komnas HAM Minta Presiden Berdialog dengan Tokoh Papua

Komnas HAM menyebut 31 orang meninggal dunia

Jakarta, IDN Times - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta pemerintah pusat dan tokoh-tokoh Papua berdialog untuk meredam gejolak di Papua.

"Termasuk presiden untuk melakukan dialog perdamaian dengan tokoh-tokoh Papua, langkah tersebut merupakan solusi terbaik," ujar Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, dalam konferensi pers di Gedung Komnas Ham, Senin (30/9).

Dia khawatir jika tidak diselesaikan secara dialog maka akan memicu dampak lebih luas termasuk respons dunia Internasional. Untuk itu, pihaknya bersedia memfasilitasi dan mencari solusi untuk Wamena.

"Sejak kasus Surabaya tersebut kami sudah khawatir namun saat ini kekhawatiran kami bertambah jika tidak ada solusi tragedi Wamena bisa terulang lagi," ungkapnya.

Selain itu, Ahmad menyayangkan kerusuhan yang memakan 31 --pemerintah menyebut 33-- korban jiwa, 43 orang terluka dan ribuan orang mengungsi.

Untuk itu, dia meminta semua pihak baik masyarakat untuk tidak ikut menyebarkan berita bohong yang akan memperkeruh suasana.

Baca Juga: Komnas HAM Kutuk Keras Kerusuhan di Wamena 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya