KPK Soroti Kekayaan Pejabat Pemprov DKI yang Bikin Iri, Heru No Comment!

Pejabat Pemprov DKI Jakarta miliki puluhan bidang tanah

Jakarta, IDN Times - Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono buka suara soal temuan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kekayaan pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang bikin ngiri Dirjen Kementerian.

"Gak tahu, tanya inspektorat," ujarnya singkat saat dikonfirmasi awak media usai mengunjungi semua fraksi DPRD DKI Jakarta, Senin (19/12/2022).

Diketahui kekayaan pejabat Pemprov DKI yang mempunyai 20-25 bidang tanah tersebut diungkap Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Balai Kota DKI pada Kamis (14/12/2022) dalam acara Koordinasi Antikorupsi antara Pemprov DKI dengan KPK tahun 2022.

 

1. Delapan pejabat yang punya harta di atas Rp10 milliar

KPK Soroti Kekayaan Pejabat Pemprov DKI yang Bikin Iri, Heru No Comment!ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Diketahui terdapat pejabat Pemprov DKI yang mempunyai 20-25 bidang tanah tersebut diungkap Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Balai Kota DKI pada Kamis (14/12/2022) dalam acara Koordinasi Antikorupsi antara Pemprov DKI dengan KPK tahun 2022.

Berdasarkan penelusuran IDN Times, terdapat delapan pejabat DKI Jakarta yang punya kekayaan di atas Rp10 miliar. 

Bahkan, ada dua pejabat yang punya kekayaan lebih dari Rp24 miliar. Dua sosok itu adalah PJ Gubernur Heru Budi Hartono dan Kepala Satpol PP DKI, Arifin. 

 

Baca Juga: 2 Pejabat Pemprov DKI Paling Kaya, PJ Gubernur Heru dan Kasatpol PP

2. Kekayaan Heru Budi total Rp31,98 miliar

KPK Soroti Kekayaan Pejabat Pemprov DKI yang Bikin Iri, Heru No Comment!Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tiba di Balai Kota usai dilantik Mendagri Tito Karnavian, Senin (17/10/2022). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Heru Budi Hartono tercatat per 2021 memiliki kekayaan senilai total Rp31,98 miliar. Nilai tersebut berasal dari beragam aset seperti tanah dan bangunan.

Ia melaporkan pada KPK memiliki empat tanah dan delapan tanah beserta bangunannya. Nilainya mencapai Rp23,45 triliun.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara ini juga memiliki tujuh kendaraan senilai total Rp1,29 miliar. Berikut adalah daftar kendaraan yang ia miliki:

  • Motor Honda Kira
  • Motor Honda
  • Motor Harley Davidson
  • Sepeda Brompton
  • Mobil Suzuki Escudo
  • Mobil Toyota Hilux
  • Mobil Suzuki Jimny

Lalu, Heru memiliki harta bergerak lainnya Rp617,4 juta, surat berharga Rp3,6 juta, serta kas dan setara kas Rp12,8 miliar. Namun, ia memiliki utang Rp6 miliar.

 

 

3. Kasatpol PP miliki harta Rp24,59 miliar

KPK Soroti Kekayaan Pejabat Pemprov DKI yang Bikin Iri, Heru No Comment!Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sementara itu, Arifin melaporkan kekayaannya per 2021 ke KPK senilai Rp24,59 miliar. Kekayaan Arifin terdiri dari berbagai macam aset, mulai dari tanah hingga kendaraan.

Ia memiliki dua bidang tanah di Tangerang dan Jakarta Timur serta tujuh tanah dan bangunan di berbgai daerah. Nilai seluruhnya mencapai Rp23,8 miliar.

Kemudian, Arifin juga tercatat memilik lima kendaraan senilai Rp573 juta. Kendaraan yang ia miliki terdiri dari mobil Honda Jazz, mobil Toyota Fortuner, mobil Honda CRV, motor Kawasaki Ninja 250, motor Honda Tiger.

Airifin juga punya harta bergerak lainnya Rp694 juta, kas dan setara kas Rp200 juta. Namun, ia punya utang Rp680 juta.

Baca Juga: KPK Soroti Kekayaan Para Pejabat Pemprov DKI: Mudah-Mudahan Halal

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya