2 Pejabat Pemprov DKI Paling Kaya, PJ Gubernur Heru dan Kasatpol PP

Heru Budi Hartono punya kekayaan Rp31,9 miliar

Jakarta, IDN Times - Kekayaan pejabat Provinsi DKI Jakarta tengah mendapat sorotan. Sebab, ada yang memiliki harta dengan nilai yang besar.

Berdasarkan penelusuran IDN Times, terdapat delapan pejabat DKI Jakarta yang punya kekayaan di atas Rp10 miliar. Bahkan, ada dua pejabat yang punya kekayaan lebih dari Rp24 miliar.

Dua sosok itu adalah PJ Gubernur Heru Budi Hartono dan Kepala Satpol PP DKI, Arifin. Berapa kekayaan mereka?

1. Heru Budi Hartono punya kekayaan Rp31,9 miliar

2 Pejabat Pemprov DKI Paling Kaya, PJ Gubernur Heru dan Kasatpol PPPenjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengumpulkan Wali Kota, Lurah sampai Camat di Taman Ismail Marzuki. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Heru Budi Hartono tercatat per 2021 memiliki kekayaan senilai total Rp31,98 miliar. Nilai tersebut berasal dari beragam aset seperti tanah dan bangunan.

Ia melaporkan pada KPK memilki empat tanah dan delapan tanah beserta bangunannya. Nilainya mencapai Rp23,45 triliun.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara ini juga memiliki tujuh kendaraan senilai total Rp1,29 miliar. Berikut adalah daftar kendaraan yang ia miliki:

  1. Motor Honda Kira
  2. Motor Honda
  3. Motor Harley Davidson
  4. Sepeda Brompton
  5. Mobil Suzuki Escudo
  6. Mobil Toyota Hilux
  7. Mobil Suzuki Jimny

Lalu, Heru memiliki harta bergerak lainnya Rp617,4 juta, surat berharga Rp3,6 juta, serta kas dan setara kas Rp12,8 miliar. Namun, ia memiliki utang Rp6 miliar.

Baca Juga: KPK Soroti Kekayaan Para Pejabat Pemprov DKI: Mudah-Mudahan Halal

2. Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin punya kekayaan Rp24,59 miliar

2 Pejabat Pemprov DKI Paling Kaya, PJ Gubernur Heru dan Kasatpol PPKepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sementara itu, Arifin melaporkan kekayaannya per 2021 ke KPK senilai Rp24,59 miliar. Kekayaan Arifin terdiri dari berbagai macam aset, mulai dari tanah hingga kendaraan.

Ia memiliki dua bidang tanah di Tangerang dan Jakarta Timur serta tujuh  tanah dan bangunan di berbgai daerah. Nilai seluruhnya mencapai Rp23,8 miliar.

Kemudian, Arifin juga tercatat memilik lima kendaraan senilai Rp573 juta. Kendaraan yang ia miliki terdiri dari mobil Honda Jazz, mobil Toyota Fortuner, mobil Honda CRV, motor Kawasaki Ninja 250, motor Honda Tiger.

Airifin juga punya harta bergerak lainnya Rp694 juta, kas dan setara kas Rp200 juta. Namun, ia punya utang Rp680 juta.

3. Daftar pejabat DKI Jakarta dengan kekayaan di atas Rp10 M

2 Pejabat Pemprov DKI Paling Kaya, PJ Gubernur Heru dan Kasatpol PPPenjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengumpulkan Wali Kota, Lurah sampai Camat di Taman Ismail Marzuki. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Selain Heru dan Arifin, terdapat sejumlah pejabat DKI Jakarta dengan nilai kekayaan di atas Rp10 miliar. Berikut daftarnya:

  1. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Elisabeth Ratu Rante Allo: Rp19 miliar
  2. Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho Rp16,2  miliar
  3. Kepala Dinas Sumber Daya Air Yusmada Faisal: Rp16,1 miliar
  4. Kepala Dinas Tenaga Kerja Andri Yansyah: Rp15,5 miliar
  5. Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Michael Rolandi: Rp14,9 miliar
  6. Kepala Badan Penanggulangann Bencana Daerah (BPBD) Isnawa Adji: Rp11,1 miliar

Baca Juga: Kekayaan Ferdy Sambo hingga Dipecat Polri Tak tercatat, Ini Kata KPK

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya