Lebaran Terakhir Sebagai Wapres, Maruf Gelar Open House di Rumah Dinas

Wapres akan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Manado, IDN Times - Wakil Presiden Ma’ruf Amin berencana menggelar open house di rumah dinasnya, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, pada Lebaran terakhir masa jabatannya.

"Kalau house-nya open terus saya, tidak pernah close, open terus. Apalagi Hari Raya jadi open saja," kelakar Ma'ruf di Manado, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga: Maruf Amin Tarawih di Masjid Tertua di Manado, Beri Tausiah soal Puasa

1. Ma'ruf Amin salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Lebaran Terakhir Sebagai Wapres, Maruf Gelar Open House di Rumah DinasIlustrasi I'tikaf di Masjid Istiqlal. (istiqlal.or.id)

Seperti tahun sebelumnya, Ma'ruf Amin akan melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, sebelum bertolak ke kampung halamannya, Banten.

"Saya Lebaran di Jakarta, insyaallah saya salat Id di Istiqlal, dan saya masih di Jakarta sampai zuhur, habis itu saya baru ke Banten," imbuhnya.

2. Sidang Isbat akan digelar pada 9 April 2024

Lebaran Terakhir Sebagai Wapres, Maruf Gelar Open House di Rumah DinasMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan 1 Ramadan 1445 H dalam konferensi pers di Kemenag, Minggu (10/3/2024). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sementara, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki mengatakan, sidang isbat penentuan Idul Fitri 1445 Hijriah akan dilaksanakan pekan depan atau tepatnya pada 9 April 2024. Menurut Saiful, pada 9 April 2024 menjadi momen yang pas untuk melangsungkan sidang isbat.

Karena di tanggal tersebut, posisi hilal dikatakan sudah memenuhi kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Kriteria yang dimaksud adalah ketinggian hilal minimal 3 derajat serta elongasi minimal 6,4 derajat.

Baca Juga: Jelang Idul Fitri, Kapolri Beri Bantuan Sembako ke PUI

3. Idul Fitri akan digelar 10 sampai 11 April

Lebaran Terakhir Sebagai Wapres, Maruf Gelar Open House di Rumah DinasSejumlah karyawan menyiapkan parcel lebaran idulfitri 1445 Hijriah. IDN Times/Zainul Arifin

Menurut Kalender Hijriah 2024 dari Kementerian Agama, Idul Fitri akan jatuh pada 10-11 April 2024. Kendati, pemerintah akan mengumumkan secara resmi tanggal Idul Fitri setelah melakukan sidang isbat.

Sementara, Muhammadiyah telah menetapkan Idul Fitri 2024. Hal tersebut berdasarkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024, tentang Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah. Muhammadiyah akan melaksanakan Idul Fitri tepat pada 10 April 2024 atau 1 Syawal.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya