Melalui Digitalisasi, Bank DKI Klaim Wujudkan Jakarta Jadi Kota Global

Jakarta akan menyandang status Daerah Khusus Jakarta di 2024

Jakarta, IDN Times - Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono, mengungkapkan dalam beberapa tahun terakhir, digitalisasi telah menjadi tonggak utama dalam perkembangan industri perbankan. 

Hal tersebut menurutnya, sebagai upaya menghadirkan layanan perbankan yang lebih cepat, efisien, dan aman. Selain itu, digitalisasi Bank DKI mewujudkan Jakarta menjadi Kota Global.

"Inisiatif transformasi digital Bank DKI selain bertujuan untuk memperluas akses keuangan dan meningkatkan nilai tambah atas produk dan layanan, juga ditujukan memperkuat kemitraan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selaku pemegang saham," ujar Amirul dalam siaran tertulis, Kamis (21/9/2023).

Baca Juga: Direksi Bank DKI Jadi Calon Tunggal Dirut Bank Sumut

1. Pembayaran gunakan digitalisasi

Melalui Digitalisasi, Bank DKI Klaim Wujudkan Jakarta Jadi Kota GlobalIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Amirul memaparkan Bank DKI terus melakukan sejumlah pengembangan produk dan layanan digital, di antaranya aplikasi JakOne Mobile sebagai super apps, dengan berbagai fitur yang dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan transaksi keuangan harian secara digital. 

"Seperti pembayaran berbagai tagihan, pajak, retribusi, belanja online, top up uang elektronik maupun transaksi QRIS," paparnya.

2. UMKM bisa gunakan JakOne

Melalui Digitalisasi, Bank DKI Klaim Wujudkan Jakarta Jadi Kota GlobalDokumen Bank DKI

Selanjutnya, dalam mendukung perkembangan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Bank DKI hadir dengan layanan JakOne Abank, yang dapat memberikan nilai tambah bagi pengembangan usaha melalui sistem keagenan. 

"Bank DKI terus melakukan pengembangan aplikasi digital lending dengan tujuan menghadirkan kemudahan proses pengajuan kredit/pembiayaan," ujar Amirul.

Baca Juga: Bank DKI Ajak Pelajar Rencanakan Tabungan Agar Cerdas Finansial

3. Inovasi perbankan digital

Melalui Digitalisasi, Bank DKI Klaim Wujudkan Jakarta Jadi Kota Global(Ilustrasi Bank DKI) Instagram.com/bank.dki

Sementara, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, berujar transformasi digital merupakan langkah penting dalam menjawab kebutuhan pelanggan serta mendukung perkembangan ekonomi dan sosial di daerah.

"Bank DKI berkomitmen untuk terus berinovasi dan menyediakan solusi perbankan digital terbaik bagi masyarakat dan pemerintah daerah," ujar Arie.

Saat ini, kata Arie, Bank DKI juga telah melakukan berbagai inisiatif untuk memperluas akseptasi produk transaksi digital berbasis kartu, JakCard, mulai dari tiket elektronik di berbagai jaringan transportasi di Kota Jakarta, seperti jaringan JakLingko, Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta, hingga yang terbaru jaringan KRL dan LRT Jabodebek.

JakCard Bank DKI pun dapat digunakan sebagai tiket masuk di sejumlah tempat wisata kelolaan Pemprov DKI Jakarta, hingga pembayaran di sejumlah ruas tol seperti Jagorawi, JORR, Bogor Outer Ring Road, ruas tol dalam kota hingga tol Bali-Mandara. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya