Menkes Budi Gunadi Endorse Produk Penurun Berat Badan, Begini Faktanya

Cek faktanya sebelum dibagikan

Jakarta, IDN Times - Sebuah unggah video yang menarasikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menemukan formula untuk menurunkan berat badan beredar di media sosial.

Unggahan video tersbut menampilkan Menkes sedang berbicara diiringi dengan narasi suara dan gambar ilustrasi, yang menyebutkan rahasia untuk menurunkan berat badan.

"Halo saya Budi Gunadi. Saya ingin memberitahukan kepada anda sebuah rahasia penting yang saya pelajari belum lama ini, tapi saya terkejut bahwa kita bisa melakukan hal ini. Dr Gaga Irawan Nugraha telah menemukan sebuah formula inovatif yang dapat membantu anda menurunkan berat badan berlebih untuk selamanya," ujar suara yang diklaim Budi tersebut.

Baca Juga: Viral Panglima TNI Minta Panji Gumilang Dihukum Mati, Begini Faktanya

1. Warganet diminta klik tombol untuk pesan formula pelangsing

Menkes Budi Gunadi Endorse Produk Penurun Berat Badan, Begini FaktanyaIlustrasi hoaks (IDN Times/Sukma Shakti)

Pesan suara tersebut menerangkan formula tersebut sudah dibuktikan Okky Lukman yang turun tanpa efek samping negatif apapun.

"Yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah pergi dari ketakutan di bawah ini, dan membaca dan memesan formula ini hanya anda yang melihat video saya, dan imbauan saya buka tautan di bawah ini dan Klik tombol biru atau tombol baca lebih lanjut," bunyi suara bergambar Menkes itu.

2. Kemenkes tegaskan video yang beredar hoaks

Menkes Budi Gunadi Endorse Produk Penurun Berat Badan, Begini FaktanyaIlustrasi hoaks. IDN Times/Sukma Shakti

Terkait video tersebut, Kementerian Kesehatan membantah video yang mengklaim Menkes mengumumkan penemuan produk penurun berat badan.

Melalui akun Instagram resmi @kemenkes_ri, Kemenkes mengunggah potongan foto Budi Gunadi kemudian dilabeli tulisan "HOAKS".

Baca Juga: Kemenkes Gelar Survei Kesehatan Indonesia Agustus, Ini Manfaatnya

3. Menteri Kesehatan tidak pernah mengendorse produk

Menkes Budi Gunadi Endorse Produk Penurun Berat Badan, Begini FaktanyaMenkes Budi Gunadi Sadikin saat ikuti rapat di Komisi IX DPR (youtube.com/Komisi IX DPR RI Channel)

Kemenkes menerangkan video hoaks tersebut beredar di akun media sosial Facebook, tentang sokongan Menteri Kesehatan terhadap produk penurun berat badan.

"Faktanya, Menteri Kesehatan maupun Kementerian Kesehatan tidak pernah mengendorse produk apapun di media sosial," tegas Kemenkes.

"Healthies, hati-hati dengan berita palsu! Selalu pastikan mencari informasi dari sumber yang terpercaya," imbau Kemenkes.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya