Menkes Sebut Transisi Pandemik ke Endemik 6 Bulan Jika Penuhi Syarat 

Beberapa indikator RI bisa masuk endemik

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, transisi pandemik ke endemik bukan hanya tentang faktor kesehatan, tapi ada faktor sosial, budaya, hingga ekonomi.

Menurut dia, dari sisi Kementerian Kesehatan sudah mengusulkan pada Presiden Joko Widodo terkait indikator menuju endemik.

"Kalau sisi sosial, ekonomi, budaya akan dipertimbangkan oleh beliau. Kita punya target secara konkret agar masyarakat siap menghadapi transisi ini," ujar Budi dalam rapat bersama komisi IX DPR RI, Rabu (23/3/2022).

1. Transmisi level satu selam enam bulan untuk menuju endemik

Menkes Sebut Transisi Pandemik ke Endemik 6 Bulan Jika Penuhi Syarat Ilustrasi mobilitas masyarakat selama PPKM (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Budi menambahkan sesuai ketentuan WHO, indikator transisi pandemik ke endemik yakni transmisi level satu selama tiga sampai enam bulan.

"Usulan kami sebenarnya 6 bulan, tapi sekarang masih didiskusikan," kata pria berusia 57 tahun tersebut.

Baca Juga: 2 Tahun Pandemik, Satgas IDI: Bismillah Menuju Endemik  

2. Jika bisa menenuhi maka Indonesia masuk endemik

Menkes Sebut Transisi Pandemik ke Endemik 6 Bulan Jika Penuhi Syarat Warga melintasi mural tentang pencegahan penyebaran COVID-19 di Bandung, Jawa Barat, Senin (7/2/2022). (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Lebih lanjut, Budi memaparkan kriteria level satu suatu negara berdasarkan WHO jika kasus konfirmasi positif 20 per 100 ribu per minggu, sementara kasus di rumah sakit lima per 100 ribu per minggu, dan satu kematian per 100 ribu per minggu.

"Jika kita bisa memenuhi ketiga kriteria ini sekaligus dalam waktu tiga sampai  enam berturut-turut maka kita bisa masuk ke endemik" ujar Budi.

3. Reproduction rate-nya bawah satu selama enam bulan

Menkes Sebut Transisi Pandemik ke Endemik 6 Bulan Jika Penuhi Syarat Pasien COVID-19 di Tulungagung mengikuti prosesi pernikahan secara online, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Selain kriteria dari WHO, Budi juga menerima rekomendasi dari para epidemiolog dari beberapa perguruan tinggi. Para epidemiolog, meminta untuk menambahkan satu kriteria lagi terkait reproduction rate.

"Mereka menyatakan tolong ditambahkan satu kriteria lagi bahwa reproduction rate-nya, laju penularannya itu di bawah satu selama enam bulan. Untuk informasi bapak ibu, begitu kasus delta naik, di bulan September kita sempat reproduction rate di bawah satu sampai Desember kemudian Desember mulai naik lagi," kata Budi.

Baca Juga: Luhut: RI Belum Beralih ke Endemik karena Vaksinasi Masih Rendah

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya