Ngeri! Jenazah COVID-19 di Jakarta Diangkut Pakai Truk Mulai Hari Ini

Satu truk mengangkut enam peti mati jenazah COVID-19

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai mengerahkan truk untuk mengangkut jenazah COVID-19 karena ambulans sudah kewalahan seiring melonjaknya kasus positif dan angka meninggal pasien korban di Ibu Kota.

"Dinas Pemakaman tidak sanggup, sudah capek semuanya. Sampai jam 6 sore tadi saja sudah 146 jenazah, sisanya masih ditaruh. Hari ini diangkat karena ambulans tidak mungkin lagi, akhirnya dengan truk berkapasitas delapan peti mati," kata Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI Edi Sumantri dikutip dari ANTARA, Rabu (23/6/2021).

1. Pemakaman jenazah pasien COVID-19 kuras dana

Ngeri! Jenazah COVID-19 di Jakarta Diangkut Pakai Truk Mulai Hari IniTruk dipakai mengangkut peti jenazah kasus COVID-19 (Twitter/nicolaslkh)

Langkah tersebut juga, kata Edi, membutuhkan dana yang tidak sedikit dan hampir dipastikan menguras lagi dana belanja tidak terduga (BTT) DKI yang saat ini diarahkan untuk penanganan COVID-19.

Dalam rangka pemakaman tersebut, BTT DKI dikucurkan pada Dinas Pertamanan dan Hutan Kota yang mencapai Rp13,02 miliar.

Rinciannya, untuk pengadaan peti jenazah, baju alat pelindung diri atau APD senilai Rp4,63 miliar, penyaluran insentif bulan Januari hingga Maret 2021 mencapai Rp5,22 miliar dan pengadaan peti jenazah, masker sarung tangan karet senilai Rp3,16 miliar.

Baca Juga: [UPDATE] Rekor Tertinggi! Kasus COVID-19 Naik 15.308 Hari Ini

2. Jumlah kasus aktif di DKI Jakarta diprediksi tembus 218 ribu pada Agustus

Ngeri! Jenazah COVID-19 di Jakarta Diangkut Pakai Truk Mulai Hari IniWarga berkendara di zona merah COVID-19 RT 006 RW 01, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Di sisi lain, Dinas Kesehatan DKI Jakarta memproyeksikan jumlah kasus aktif di Ibu Kota dapat menyentuh di angka 218 ribu hingga akhir Agustus 2021.

Proyeksi itu dibarengi dengan variabel temuan varian baru Covid-19 di DKI Jakarta beberapa waktu terakhir.

"Hal ini terkait dengan adanya prediksi varian baru yang menjadi perhitungan kita. Jadi, kami menghitung kasus aktif harian di DKI Jakarta itu sangat luar biasa," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, Senin (21/6).

3. Kasus aktif COVID-19 di DKI Jakarta saat ini melampaui angka 30 ribu kasus per hari

Ngeri! Jenazah COVID-19 di Jakarta Diangkut Pakai Truk Mulai Hari IniIlustrasi Tenaga Kesehatan di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. (IDN Times/Arief Rahmat)

Widyastuti menerangkan posisi tertinggi kasus aktif tahun lalu mencapai 26 ribu pasien dalam kurun waktu satu hari. Malahan, Widyastuti menerangkan, kasus aktif COVID-19 di DKI Jakarta saat ini sudah melampaui angka 30 ribu kasus per hari.

"Kalau kita lakukan prediksi ini bisa sampai tembus kasus aktif harian itu mencapai lebih dari 70 ribu. Bahkan, kalau sampai Agustus bisa mencapai 218 ribu," tutur Widyastuti.

Dia menuturkan proyeksi itu dibuat untuk mempersiapkan sejumlah skenario mitigasi terkait penanganan lonjakan kasus konfirmasi positif COVID-19 di sejumlah layanan kesehatan Ibu Kota.

4. Intervensi tegas terkait pembatasan mobilitas

Ngeri! Jenazah COVID-19 di Jakarta Diangkut Pakai Truk Mulai Hari IniPetugas Satpol PP membubarkan aktivitas pedagang kaki lima dalam rangka pembatasan mobilitas warga guna menekan penyebaran COVID-19 di kawasan Bulungan, Jakarta, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja.

Dengan demikian, dia meminta adanya intervensi yang lebih tegas terkait pembatasan mobilitas warga dari pemerintah pusat dan provinsi.

"Kalau tahun lalu secukupnya hanya di Jakarta dan sekitarnya, tetapi tentu dengan tahun ini karena maraknya di provinsi lain bisa diharapkan pembatasan yang lebih luas," kata dia.

 

Baca Juga: DKI Pakai Truk Angkut Jenazah COVID-19, Begini Penjelasannya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya