Comscore Tracker

DKI Pakai Truk Angkut Jenazah COVID-19, Begini Penjelasannya

Wagub DKI akan upayakan cara lain jika sudah kewalahan

Jakarta, IDN Times - Foto truk dengan spanduk bertuliskan mobil angkutan jenazah COVID-19 beredar di media sosial. Salah satunya diunggah akun Twitter @nicolaslkh.

Dalam salah satu foto tersebut terlihat ada keterangan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, yang terletak di pojok kiri bawah.

"Angkut jenazah sdh pake truck, bukan ambulan lagi," tulis akun tersebut seperti dikutip, Rabu (23/6/2021).

Namun, bagaimana sebenarnya fakta penggunaan truk sebagai pengangkut jenazah COVID-19 ini?

Baca Juga: Anggaran Menipis, Pemprov DKI Berharap COVID-19 Dapat Segera Teratasi

1. Wagub DKI membantah adanya pengangkutan jenazah COVID-19 dengan truk

DKI Pakai Truk Angkut Jenazah COVID-19, Begini PenjelasannyaWakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, DKI Jakarta tak menggunakan truk sebagai kendaraan untuk mengangkut jenazah pasien COVID-19

Dia mengatakan ambulans di Jakarta masih digunakan untuk penanganan jenazah pasien virus corona.

"Gak ada. Kita gak pernah terpikir untuk truk digunakan angkut jenazah. Ambulans masih dapat memenuhi," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 22 Juni 2021.

2. Riza sebut akan cari alternatif lain jika ambulans tak cukup

DKI Pakai Truk Angkut Jenazah COVID-19, Begini PenjelasannyaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Riza mengatakan armada ambulans di Jakarta masih mampu menangani jenazah COVID-19 di DKI Jakarta, dan jika memang ambulans sudah kewalahan, pihaknya akan mencari upaya lain.

"Ya sejauh ini ambulans di DKI cukup ya. kalau ambulans dirasa gak mampu kita carikan alternatif yang terbaik," ujar dia.

3. Penjelasan dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta

DKI Pakai Truk Angkut Jenazah COVID-19, Begini PenjelasannyaSeorang ibu melihat proses pemakaman jenazah keluarganya yang meninggal dunia karena COVID-19 di TPU Srengseng Sawah, Jakarta, Kamis (14/1/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka area pemakaman untuk jenazah COVID-19 di TPU Srengseng Sawah karena Taman Pemakaman Umum (TPU) khusus COVID-19 telah penuh. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Sementara, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan, foto tersebut memang benar adanya. Namun, dia mengatakan, foto tersebut saat simulasi atau pelatihan.

"Ini simulasi," ujarnya, Senin, 21 Juni 2021. 

Namun dia tidak secara detail menjelaskan tujuan dan waktu penggunaan truk sebagai mobil jenazah.

Sedangkan, Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Ivan Nurcahyo mengatakan, sejauh ini pihaknya masih menggunakan ambulans untuk mengangkut jenazah COVID-19.

"Masih pakai mobil ambulans jenazah. Seluruh jenazah diantar dengan mobil ambulans jenazah," kata dia, Selasa.

Baca Juga: Waspada! 6 Provinsi Ini Penyumbang Kasus COVID Terbanyak, Pertama DKI

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya