Optimalkan Medsos, Kominfo Ajarkan Personal Branding untuk Guru

Personal branding bangun kepercayaan diri

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar Webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk guru di Solo, Jawa Tengah.

Webinar yang mengangkat tema Personal Branding dengan Optimalisasi Media Sosial untuk memberikan pemahaman agar para guru dan tenaga pendidik dapat meningkatkan personal branding dengan cara optimalisasi media sosial.

Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan berharap perkembangan digital mampu meningkatkan personal branding dengan cara optimalisasi sosial media.

"Harapannya, tenaga pendidik dan masyarakat Indonesia dapat bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik terutama di bidang teknologi digital," ujarnya melalui siaran tertulis, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga: Kominfo Buka Akses Yahoo, Dota, Steam dan CS GO yang Sempat Diblokir

1. Minat baca warga Indonesia rendah

Optimalkan Medsos, Kominfo Ajarkan Personal Branding untuk GuruDirektur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan saat rapat teknis, Selasa (4/5/2021). (IDN Times / Ridho Fauzan)

Berdasarkan data dari Microsoft, Indonesia termasuk dalam kuartil empat atau terbawah dalam Indeks Keadaban Digital (Digital Civility Index), yaitu berada pada tingkat ke 29 dari 32 negara. Selain itu, data dari UNESCO menunjukkan bahwa Indonesia menempati peringkat ke 60 dari 61 negara soal literasi dunia dengan minat baca sangat rendah.

“Pesatnya perkembangan digital di Indonesia perlu diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif, bijak dan tepat guna,” imbuh Semuel.

Baca Juga: Blokir Platform Digital, Dirjen Pajak Bakal Ngobrol dengan Kominfo

2. Personal branding bangun kepercayaan diri

Optimalkan Medsos, Kominfo Ajarkan Personal Branding untuk GuruIlustrasi Kerja (IDN Times/Besse Fadhilah)

Dekan Fakultas Komunikasi Universitas Putra Cianjur (UNPI) Astri Dwi Andriani, mengatakan bahwa personal branding adalah strategi untuk membangun citra diri yang kuat di tengah masyarakat.

Selain itu, pentingnya personal branding adalah memberitahu orang lain tentang kemampuan dan ciri khas yang dimiliki, dan pengembangan kepercayaan diri.

"Selain itu bisa membangun kredibilitas seseorang, rasa percaya diri, memperluas koneksi, menunjukkan diri sendiri apa adanya, sebagai media promosi hingga mampu mempengaruhi persepsi orang lain," katanya.

3. Pendidik miliki cara yang menyenangkan untuk mengajar

Optimalkan Medsos, Kominfo Ajarkan Personal Branding untuk GuruIlustrasi siswa sekolah (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Selanjutnya, Founder Komunitas Blogger Gandjel Rel Semarang , Kaswarganti Catur Nugraeni, membagikan tips cara memilih media sosial yang paling tepat dengan karakter teman maupun pengikut yang selama ini menjadi target utama.

"Dengan membangun personal branding yang tepat, para tenaga pendidik yang mendampingi pembelajaran diharapkan memiliki cara yang lebih menyenangkan agar anak lebih mudah memahami inti materi pelajaran," katanya.

 

Baca Juga: Cakap Digital, Ini Tips Personal Branding di Media Sosial 

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya