Pemerintah Semprot Air dari Gedung Tinggi Usir Polusi Udara Jakarta

Pemerintah klaim bisa turunkan polutan PM2.5

Jakarta, IDN Times - Pemerintah melakukan uji coba Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Mikro untuk melawan polusi udara di Jakarta yang kian memburuk pada Minggu (27/8/2023).

Uji coba ini melibatkan tim gabungan yang terdiri Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ( Kemenkomarves), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Polda Metro Jaya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Damkar, dan Satpol PP.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto, mengatakan, uji coba TMC ini menggunakan mist generator, water sprayer, water canon, hingga gun sprayer.

"Penyemprotan mulai dari lokasi rooftop gedung Pertamina hingga di jalanan," ujar Asep dalam Instagram resmi DLH DKI dikutip Senin, (28/8/2023).

Baca Juga: Polusi Udara Jakarta Terburuk Kedua Meski Sudah Diguyur Hujan Buatan 

1. TMC efektif turunkan polutan PM2.5

Pemerintah Semprot Air dari Gedung Tinggi Usir Polusi Udara JakartaUji coba Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Mikro untuk menanggulangi pencemaran udara di Jakarta. (instagram.com/dinaslhdki)

Asep mengklaim, uji coba TMC efektif menurunkan polutan jenis PM2.5, berdasarkan pengukuran mist generator.

"Semoga nantinya bisa diperbanyak di gedung-gedung tinggi di Jakarta dan sekitarnya," katanya.

Baca Juga: Guru Besar ITB Punya Solusi Atasi Polusi Udara di Jakarta, Apa Itu?

2. Pemerintah lakukan penyemprotan di atas gedung

Pemerintah Semprot Air dari Gedung Tinggi Usir Polusi Udara JakartaUji coba Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Mikro untuk menanggulangi pencemaran udara di Jakarta. (instagram.com/dinaslhdki)

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sigit Reliantoro, mengatakan, operasi teknologi modifikasi cuaca dengan menyemai garam ke lapisan atmosfer masih belum optimal karena hanya ada sedikit awan hujan akibat musim kemarau panjang.

"Kami mendiskusikan beberapa teknologi alternatif karena teknologi modifikasi cuaca tidak terbatas dengan pesawat yang menabur garam, tetapi dalam skala mikro misalnya dengan membuat semprotan air berkabut dari gedung-gedung tinggi," ujarnya dilansir ANTARA.

Baca Juga: Polusi Memengaruhi Kualitas Udara dalam Ruangan

3. Pemerintah inventarisir gedung tinggi

Pemerintah Semprot Air dari Gedung Tinggi Usir Polusi Udara JakartaIlustrasi Jakarta (IDN Times/Sunariyah)

Sigit menuturkan, pemerintah saat ini sedang menginventarisasi gedung-gedung tinggi yang potensial untuk dilakukan penyemprotan air berkabut dan menginventarisasi pemilik teknologi tersebut.

"Pemerintah telah bertemu dengan Pertamina yang memiliki teknologi itu sebagai alat untuk mengamankan fasilitas kilang dan depo," katanya.

Baca Juga: Pemerintah Semprot Air dari Atas Gedung Usir Polusi, IDI: Gak Efektif!

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya