Pemprov DKI Pasang 30 Water Mist di Gedung Pemerintahan sampai RS

Alat penyemprot air untuk usir polusi udara

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memasang 30 pompa bertekanan tinggi atau water mist generator di sejumlah gedung mulai kantor wali kota, rumah sakit sampai swasta.

"Tadi sudah ready 30. Selain (dipasang) kantor pemprov, wali kota, juga rumah sakit, umum dan daerah. kemudian kantor-kantor Pemprov DKI Jakarta yang memang memiliki rooftop yang memungkinkan," ujar Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Erni Pelita Fitratunnisa, di Balai Kota, Jumat (1/9/2023).

1. Prioritas pemasangan di gedung jalur lalu lintas KTT ASEAN

Pemprov DKI Pasang 30 Water Mist di Gedung Pemerintahan sampai RSPj. Gubernur Heru Ajak Warga Sukseskan KTT ASEAN, Gandeng Ditlantas Polda Metro Jaya Atur Mobilitas. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Fitri berharap, gedung-gedung milik swasta dan komersial, terutama di kawasan Sudirman dan Thamrin, ikut memasang alat penyemprot besutan BRIN.

"Lokasi prioritas sebenarnya kami berharap bisa dilakukan gedung gedung yang ada di sekitar Sudirman Thamrin, terutama fokus kepada jalur atau lalu lintas KTT ASEAN," kata dia.

Baca Juga: DLH DKI: 1.300 Gedung Jakarta Akan Pasang Water Mist Seharga Rp50 Juta

2. Penyemprotan sekitar gedung bisa turunkan polutan

Pemprov DKI Pasang 30 Water Mist di Gedung Pemerintahan sampai RSPengoperasian water mist generator di atap gedung balai kota DKI Jakarta l, Jumat (1/9/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Dia mengatakan, berdasarkan hasil riset, upaya ini dapat menurunkan kadar PM2,5 di sekitar area uji. PM2,5 sendiri merupakan jenis partikel yang menjadi acuan untuk diukur oleh seluruh negara berpolusi udara tinggi di dunia. 

“Ini teknologi yang dikembangkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Jadi sebenarnya ini sudah pernah diuji coba tahun 2019," bebernya.

3. Harga water mist sampai Rp60 juta

Pemprov DKI Pasang 30 Water Mist di Gedung Pemerintahan sampai RSPengoperasian water mist generator di atap gedung balai kota DKI Jakarta l, Jumat (1/9/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Fitri mengatakan harga water mist generator  kurang lebih mecapai Rp57 juta sampai Rp60 juta jika dilengkapi dengan tandon dan instalasi listrik. Sementara, sampai saat ini di balai kota masih memasang dua water mist generator.

"Kalau melihat penawaran yang mereka sampaikan kepada kami, (harganya) kurang lebih Rp57 juta sekian, jadi Rp60 juta dengan listrik dan lain sebagainya," katanya.

Baca Juga: Pasang 2 Water Mist, Pemprov DKI Mulai Semprot Balai Kota Usir Polusi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya