Peringati Hari Pahlawan, Risma: Perangi Kemiskinan dan Kebodohan 

Kemiskinan dan kebodohan jadi musuh negara

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, ikut dalam upacara tabur bunga di laut dalam rangka peringatan Hari Pahlawan pada 2023. Dia pun mengungkapkan ada beberapa hal yang jadi prioritas dalam memperingati hari besar ini.

Sebagaimana diketahui, peringatan Hari Pahlawan kali ini mengangkat tema semangat pahlawan untuk masa depan bangsa dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan.

"Kita memang mengambil (tema) untuk pahlawan memerangi kemiskinan dan kebodohan, karena memang itu sekarang musuh utama kita ke depan, supaya bangsa ini bisa terus semangat memerangi kemiskinan dan kebodohan," ujar Risma, Jumat (10/11/2023).

1. Sebanyak 5 ribu penerima bansos lulus

Peringati Hari Pahlawan, Risma: Perangi Kemiskinan dan Kebodohan Menteri Sosial Tri Rismaharini mengecek pencairan bansos di Kantor Kelurahan Pakis, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya, Selasa (28/12/2021). (dok. Kemensos)

Risma mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan lima ribu penerima bantuan sosial. Bahkan, penerima bansos sebelumnya saat ini sudah memiliki penghasilan lebih.

"Alhamdulillah setelah kita tangani serius, kita bisa mengeluarkan, yang dulu pemulung, saat ini sudah bisa keluar dari kemiskinan. Bahkan, penghasilannya jauh di atas UMK," kata eks Wali Kota Surabaya itu.

Baca Juga: Hari Pahlawan, Wamenaker: Pahlawan Ajarkan Jangan Jadi Bangsa Pecundang

2. Kemensos sisir masyarakat perbatasan

Peringati Hari Pahlawan, Risma: Perangi Kemiskinan dan Kebodohan Kemensos Salurkan Bantuan ke Yahukimo. (dok. Kemensos)

Sementara, untuk memerangi kebodohan, Kemensos akan terus menyisir seluruh lapisan masyarakat termasuk di perbatasan, terjauh, dan terdepan Indonesia.

"Kita menyisir, saya dibantu oleh TNI AL saat itu kita berkunjung ke perbatasan-perbatasan yang terjauh, dan terdepan di negara ini, untuk menyiapkan mereka fasilitas-fasilitas pendidikan maupun untuk para guru, bahkan beberapa waktu yang lalu kita mengirim tujuh orang guru ke pedalaman di Yahukimo," papar Risma.

3. Upacara tabur bunga di Hari Pahlawan

Peringati Hari Pahlawan, Risma: Perangi Kemiskinan dan Kebodohan Menteri Sosial Tri Rismaharini lakukan tabur bunga/Dok Kemensos

Upacara Hari Pahlawan dilaksanakan tepat pada pukul 08.00 WIB di atas geladak Helly Deck KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (992). Kapal ini merupakan Kapal Bantu Rumah Sakit milik TNI Angkatan Laut yang berlayar di Perairan Teluk Jakarta.

Menteri Sosial bertindak sebagai Inspektur Upacara didampingi Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma, dan bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol Marinir Ahmad.

Upacara diawali dengan Laporan Komandan Upacara, Penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkat cipta, pelarungan karangan bunga, serta ditutup dengan pembacaan doa.

Baca Juga: Hari Pahlawan, Walkot: Perangi Kemiskinan dan Kebodohan di Bandung

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya