Comscore Tracker

PPKM Level 4 Diperpanjang di 45 Kabupaten/Kota

PPKM Level 3 akan diterapkan di 276 Kabupaten/Kota

Jakarta, IDN Times - Pemerintah memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 2 Agustus 2021. Pelaksanaan PPKM diberlakukan secara gradual dalam empat tingkatan (tingkat 1 sampai 4).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pihaknya sudah melakukan asesmen penerapan PPKM level 4.

"Dan terhadap 45 kabupaten/kota dan 21 provinsi tersebut, kami sudah lakukan rapat koordinasi dengan gubernur, bupati dan wali kota untuk menjelaskan terkait dengan pelaksanaan PPKM ini," kata Airlangga dalam konferensi pers yang dipantau You Tube, Minggu (25/7/2021).

Kemudian, lanjut Airlangga, PPKM level III akan diterapkan di 276 kabupaten/kota di 21 provinsi, di Luar Jawa Bali. Di PPKM level II akan diterapkan di 65 kabupaten/kota di 17 provinsi.

1. Jokowi perpanjang PPKM level 4

PPKM Level 4 Diperpanjang di 45 Kabupaten/KotaPresiden Joko 'Jokowi' Widodo menyampaikan keterangan terkait penerapan PPKM di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (25/7/2021) (ANTARA FOTO/Biropers Setpres)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo memutuskan memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 2 Agustus mendatang.

"Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial. Saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus 2021," ujar Jokowi dalam konferensi pers yang ditayangkan melalui kanal Sekretariat Presiden, Minggu (25/7/2021).

Baca Juga: Ini Daftar Bantuan Terbaru dari Pemerintah Selama PPKM Level 4

2. Perpanjangan PPKM level 4 lihat tren kenaikan

PPKM Level 4 Diperpanjang di 45 Kabupaten/KotaPresiden Joko Widodo memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah wilayah Pulau Jawa dan Bali hingga 2 Agustus mendatang (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Adapun, perpanjangan PPKM Level 4 diputuskan Jokowi dengan melihat tren perbaikan penanganan COVID-19 sampai sekarang.

"Laju penambahan kasus, Bed Occupation Rate, dan positivity rate mulai menunjukan tren penurunan seperti yang terjadi di beberapa provinsi di Jawa, namun demikian kita harus tetap berhati-hati dan waspada," ujar Jokowi.

3. Sejumlah aktivitas dilakukan penyesuaian

PPKM Level 4 Diperpanjang di 45 Kabupaten/KotaANTARA FOTO/Galih Pradipta

Perpanjangan masa PPKM Level 4 juga diiringi dengan sejumlah penyesuaian aktivitas dan mobilitas masyarakat.

"Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Jokowi,

Kemudian, sambung Jokowi, pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari bisa buka dengan kapasitas maksimum 50 persen sampai pukul 15.00. Pengaturan lebih lanjutnya dilakukan oleh pemerintah daerah (pemda).

Sementara itu, pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil lain sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan sampai pukul 21.00 yang pengaturan teknisnya diatur oleh pemda.

"Warung makan, pedagang kaki lima, dan lapak jajanan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan sampai pukul 20.00 dan waktu makan di tempat bagi tiap pengunjung maksimal 20 menit," kata Jokowi.

Baca Juga: [BREAKING] Rumah Ibadah di Wilayah PPKM Level 3 Boleh Dibuka Lagi

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya