PSBB COVID-19, Kemensos Siapkan Paket Sembako Rp600 Ribu Tiap Bulan

Pemerintah berikan bantuan khusus selama tiga bulan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sosial mempersiapkan bantuan sosial bagi masyarakat tidak mampu di wilayah DKI Jakarta, berupa paket sembako senilai Rp600 ribu per bulan, yang akan diberikan selama tiga bulan.

Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan Bantuan Khusus diberikan untuk masyarakat rentan terdampak virus corona atau COVID-19. Termasuk untuk mengantisipasi pemberlakuan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

“Presiden Joko Widodo telah menugaskan Kementerian Sosial untuk menyalurkan bantuan khusus. Pertama, berupa sembako kepada keluarga rentan yang tinggal di Jakarta," kata Juliari dalam siaran tertulis, Rabu (8/4).

1. Bantuan sembako senilai Rp600 ribu per bulan akan disalurkan setiap minggu selama tiga bulan

PSBB COVID-19, Kemensos Siapkan Paket Sembako Rp600 Ribu Tiap BulanKonferensi pers Mensos Juliari tentang jaring pengaman sosial Rp110 Triliun (Dok. Kemensos)

Juliari menjelaskan bantuan sembako senilai Rp600 ribu per bulan akan disalurkan setiap minggu selama tiga bulan.

"Jadi bantuan disalurkan senilai Rp150.000 per minggu dengan bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan swasta," ujar Mensos.

2. Total anggaran yang dibutuhkan Rp3,6 triliun akan dimulai pada 20 April

PSBB COVID-19, Kemensos Siapkan Paket Sembako Rp600 Ribu Tiap BulanPenyaluran paket sembako untuk lima kluster terdampak COVID-19 (Dok. Kemensos)

Juliari menilai selama pemberlakuan PSBB diperkirakan penghasilan kelompok rentan akan terganggu. Karena itu, Bantuan Khusus ini harus disalurkan lebih cepat.

"Total anggaran yang dibutuhkan Rp3,6 triliun. Jika ini berjalan lancar, maka nanti per 20 April akan kita mulai,” kata dia.

Dengan bantuan sembako ini, kata Juliari, diharapkan kebutuhan mereka selama masa darurat COVID-19 terpenuhi, dan mengantisipasi agar mereka tidak mudik.

PSBB COVID-19, Kemensos Siapkan Paket Sembako Rp600 Ribu Tiap Bulan(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Pangkas Dana Desa, Pemerintah Alokasikan Rp21 Triliun untuk Bansos

3. Bantuan sosial khusus untuk 1.218.766 kepala keluarga

PSBB COVID-19, Kemensos Siapkan Paket Sembako Rp600 Ribu Tiap BulanWarga Medan Barat diberi sembako beras (Dok. IDNTimes/istimewa)

Mensos Juliari menjelaskan, data usulan Gubernur DKI Jakarta untuk bantuan sosial khusus ini sejumlah 1.218.766 kepala keluarga (KK) atau 2.517.075 jiwa, yang saat ini sedang dalam proses pemadanan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bantuan sembako ini ditargetkan untuk keluarga miskin yang masuk dalam DTKS, penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP), guru kontrak kerja, guru honorer, dan penghuni rumah susun (rusun), juga pekerja harian yang tinggal di DKI Jakarta.

4. Kemensos juga mengusulkan bantuan sosial khusus

PSBB COVID-19, Kemensos Siapkan Paket Sembako Rp600 Ribu Tiap BulanIlustrasi pembagian sembako untuk warga terdampak COVID-19. (IDN Times/Daruwaskita)

Selain itu, Kemensos juga mengusulkan Bantuan Khusus tersebut merupakan bagian dari Rencana Aksi Bantuan Sosial bagi Keluarga Rentan Terdampak COVID-19 yang telah disusun Kementerian Sosial.

Sebanyak empat di antaranya telah berjalan, yaitu perluasan penerima manfaat Program Sembako, penambahan jumlah bantuan Program Sembako, peningkatan kualitas PKH, dan bantuan awal Kementerian Sosial berupa 200 ribu paket sembako untuk DKI Jakarta.

5. Komisi VIII DPR-RI minta bantuan dipercepat

PSBB COVID-19, Kemensos Siapkan Paket Sembako Rp600 Ribu Tiap BulanKemensos salurkan 200 ribu paket sembako (Dok. Kemensos)

Pimpinan Komisi VIII DPR-RI Yandri Susanto mengatakan komisinya mendukung kebijakan penugasan khusus Kementerian Sosial dalam program Jaringan Pengaman Sosial, bagi masyarakat rentan terdampak COVID-19.

“Kami meminta Kemensos mempercepat penyaluran bantuan sosial seperti guna memperhatikan kebutuhan dasar masyarakat, dan momentum menghadapi bulan Ramadhan dan Idulfitri 1441 H/2020 M,” kata Yandri.

https://www.youtube.com/embed/aUrK9HlKpD8

Baca Juga: Tanggulangi Dampak COVID-19, Kemensos Salurkan Bansos PKH Setiap Bulan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya