Puncak Mudik Gratis Jakarta Berangkat 18 April 2023 dari Monas

Pemerintah DKI Jakarta pastikan kelancaran pemudik

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, memastikan kelancaran dan keselamatan serta meminimalisir risiko hambatan yang dihadapi pemudik dalam perjalanan saat meninjau kondisi sarana dan prasarana di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur.

"Insyaallah, kami siap untuk mengantarkan masyarakat kembali ke kampung halamannya. Kemudian, kami juga menyiapkan bus gratis yang rencananya untuk keberangkatan, puncaknya pada 18 April. Lalu, untuk titik kumpulnya sudah kami siapkan di lapangan Monas," ujar Heru dalam siaran tertulis, Senin (10/4/2023).

Baca Juga: Terminal Kampung Rambutan Siap Layani Penumpang Mudik Lebaran 2023

1. Titik keberangkatan mudik berada di Terminal Pulogadung dan Kalideres

Puncak Mudik Gratis Jakarta Berangkat 18 April 2023 dari MonasPenjabat (Pj) Heru Budi Hartono meninjau Terminal Kampung Rambutan, Minggu (9/4/2023) (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Heru menyampaikan, ia bersama jajaran akan meninjau kembali sejumlah sarana dan prasarana transportasi umum yang ada di Jakarta. Koordinasi dengan Pemerintah Pusat pun akan dilanjutkan untuk memastikan arus mudik berjalan dengan lancar.

"Nantinya akan ada beberapa titik untuk ditinjau lagi, seperti Terminal Pulogadung dan Kalideres. Tentunya, Kemenhub dan Kemenko PMK juga akan membantu untuk ikut meninjau kembali. Kami di DKI Jakarta akan mempersiapkan dengan baik. Untuk mudik gratis, Dishub DKI Jakarta telah menyiapkan beberapa syarat khusus dan warga bisa melihat infonya di akun media sosial Instagram Dishub DKI Jakarta," jelas Heru.

Baca Juga: Dishub DKI Pastikan Tidak Ada Kenaikan Harga Tiket Bus Kelas Ekonomi 

2. Menko PMK apresiasi kesiapan Terminal Kampung Rambutan jelang mudik Lebaran

Puncak Mudik Gratis Jakarta Berangkat 18 April 2023 dari MonasPenjabat (Pj) Heru Budi Hartono meninjau Terminal Kampung Rambutan, Minggu (9/4/2023)(dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sementara itu, Menko PMK, Muhadjir Effendy mengapresiasi kesiapan Terminal Kampung Rambutan atas sarana dan prasarana angkutan mudik Lebaran Idulfitri 1444 Hijriah.

Pasalnya, Kampung Rambutan menjadi salah satu titik keberangkatan pemudik dari wilayah DKI Jakarta menuju kampung halaman sehingga harus benar-benar siap melayani pemudik.

"Kami mengapresiasi kesiapan di sini (Terminal Kampung Rambutan). Kami cek secara umum, sudah sangat siap. Mulai dari driver hingga petugas ticketing. Kemudian, kami juga sudah cek sampling kesiapan surat-surat kendaraan, tadi saya lihat mulai dari SIM, KIR, lalu masa berlaku nomor kendaraan juga masih dipatuhi dengan baik," ujar Muhadjir.

Baca Juga: Menko PMK: Pemuda-Pemudi Indonesia Harus Punya Karakter 5C

3. Pemprov DKI Jakarta gelar mudik gratis

Puncak Mudik Gratis Jakarta Berangkat 18 April 2023 dari MonasIlustrasi mudik gratis Pemprov DKI Jakarta/Dok Humas

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menyelenggarakan Program Mudik Gratis DKI Jakarta Tahun 2023 untuk seluruh warga Jakarta.

“Program Mudik Gratis DKI Jakarta tahun 2023 ini bertujuan agar masyarakat dapat melaksanakan mudik secara selamat, aman, nyaman, dan menyenangkan. Pada tahun ini, program mudik akan melayani perjalanan mudik menuju 19 kota/kabupaten di 6 provinsi,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI, Syafrin Liputo, dalam keterangan tertulis, Selasa (21/3/2023).

Adapun, enam provinsi tersebut adalah Lampung, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Timur. Kemudian Kota Bandar Lampung menjadi kota tujuan di Provinsi Lampung; Palembang di Sumatra Selatan; Kuningan dan Tasikmalaya di Jawa Barat.

Kemudian Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonosobo dan Wonogiri di Provinsi Jawa Tengah; Kota Yogyakarta di Provinsi DIY; serta Madiun, Kediri, Jombang dan Malang di Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Pemprov Jabar Gelar Mudik Gratis, Ribuan Tiket Kereta-Bus Disiapkan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya