Rizieq Shihab Keluar Lewat Pintu Belakang, Begini Penjelasan RS UMMI 

RS UMMI klaim tidak menutupi penanganan Rizieq Shihab

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama RS UMMI Andi Tatat membeberkan alasan Pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab keluar melalui pintu belakang Rumah Sakit UMMI Bogor pada Sabtu (29/11/2020) malam.

"Terkait dengan lewat (pintu) belakang, lebih kepada tingkat kenyamanan (Rizieq Shihab) saja. Tempat, nyamanan yang mana untuk proses pulangnya saja," kata Andi dalam konferensi pers secara daring pada Minggu (29/11/2020).

1. Rizieq pulang atas permintaan keluarga

Rizieq Shihab Keluar Lewat Pintu Belakang, Begini Penjelasan RS UMMI Rizieq Shihab (Twitter.com/DPPFPI_ID)

Andi menjelaskan terkait kepulangan Rizieq dari rumah sakit, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Bogor, namun belum bertemu Walikota Bogor.

"Karena sempat beredar Habib (Rizieq) kabur dan sebagainya, bahwa hal itu tidak benar," kata dia.

Andi mengatakan Rizieq pulang atas permintaan keluarga meskipun sudah disarankan untuk menunggu hasil tes usap. "Tapi beliau tetap meminta untuk pulang," kata dia.

Baca Juga: Buntut Kasus Swab Rizieq Shihab, Petinggi RS UMMI Diperiksa Besok

2. RS UMMI sampaikan permintaan maaf

Rizieq Shihab Keluar Lewat Pintu Belakang, Begini Penjelasan RS UMMI Rizieq Shihab beserta keluarga tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Andi mengatakan pihaknya sama sekali tidak bermaksud menutup-nutupi penanganan dan hasil tes COVID-19 Rizieq Shihab.

"Kami akui memang kelemahan dari internal kami dalam melakukan komunikasi dan koordinasi internal sehingga kesannya menghalang-halangi," kata dia.

Andi mengatakan tes usap PCR yang dilakukan oleh tim dokter pribadi Rizieq pada Jumat 27 November 2020 seharusnya disaksikan tim Satuan Tugas COVID-19 kota Bogor, namun ternyata tidak terjadi.

"Untuk itu kami menyampaikan permohonan maaf kepada Satgas Covid kota Bogor dan Insyaallah ke depannya kami siap bersinergi dalam penanggulangan COVID-19 di kota Bogor," ujarnya.

3. RS UMMI belum mengetahui hasil tes swab Rizieq Shihab

Rizieq Shihab Keluar Lewat Pintu Belakang, Begini Penjelasan RS UMMI Habib Rizieq Shihab (HRS) menyapa massa yang menjemputnya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Andi membantah isu pihaknya tidak memberikan laporan yang lengkap terkait tempat uji spesimen tes Rizieq. Karena pada kenyataannya pihak RS UMMI hingga saat ini belum mengetahui hal itu.

"Dan sampai saat ini kami masih mengusahakan kepada pihak Mer-C, tapi sampai saat ini kami juga belum bisa mendapatkan hasil," kata dia.

Baca Juga: RS Ummi dapat Sanksi Teguran Keras Terkait Rizieq Shihab

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya