Sebanyak 3.169 Jemaah Haji Terbang ke Arab Saudi Hari Ini

Jemaah haji yang berangkat dari lima embarkasi

Jakarta, IDN Times – Pada hari kedua, sebanyak 3.169 jemaah calon haji dalam delapan kelompok terbang (kloter) dari lima embarkasi diberangkatkan ke Arab Saudi.

“Pada hari pertama, ada 2.763 jemaah dari lima embarkasi yang sudah diberangkatkan ke Arab Saudi. Jadi total jemaah yang diberangkatkan sampai hari ini sebanyak 5.945 orang,” kata Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Ahmad Abdullah, saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu (5/6/2022).

1. Pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Indonesia dibagi dua gelombang

Sebanyak 3.169 Jemaah Haji Terbang ke Arab Saudi Hari IniIlustrasi jemaah haji. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Abdullah mengatakan, pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Indonesia dibagi dua gelombang.

Pertama, jemaah akan mendarat di Bandar Udara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Mereka akan menetap di Madinah dengan masa tinggal antara 8 sampai 9 hari untuk menjalankan ibadah arbain, yaitu salat wajib berjamaah 40 waktu di Masjid Nabawi.

“Selama di Madinah, selain berziarah ke makam Rasulullah di Masjid Nabawi, jemaah juga akan mendapatkan paket ziarah ke berbagai tempat bersejarah seperti makam Baqi, Masjid Quba, Masjid Qiblatain, dan Jabal Uhud,” terang Abdullah

Baca Juga: Jemaah Haji Termuda Jakarta Masih Sekolah, Namanya Imla Rosyidi

2. Gelombang kedua mendarat di Jeddah

Sebanyak 3.169 Jemaah Haji Terbang ke Arab Saudi Hari IniBandara King Abdul Aziz Jeddah (pinterest.com/attained.nirvana)

Abdullah menambahkan, setelah menyelesaikan arbain, jemaah akan diberangkatkan menuju kota Makkah untuk melaksanakan ibadah umrah wajib dengan mengambil miqat di Bir Ali.

“Untuk jemaah yang diberangkatkan pada gelombang kedua akan mendarat di Bandar Udara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah. Selanjutnya, mereka menuju Makkah untuk melaksanakan ibadah umrah wajib,” imbuhnya.

3. Jemaah haji diimbau batasi aktivitas luar ruangan

Sebanyak 3.169 Jemaah Haji Terbang ke Arab Saudi Hari IniSuasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Abdullah mengimbau agar jemaah  haji tidak banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, mengingat suhu udara di Arab Saudi cukup panas berkisar antara 30 derajat celcius sampai 43 derajat celcius.

“Jemaah haji kami harap selalu menerapkan protokol kesehatan, makan dan minum tepat waktu, dan beristirahat yang cukup. Keluarga jemaah haji di Indonesia juga diharapkan dapat mengingatkan para jemaah, baik yang sudah berangkat ke Arab Saudi maupun yang masih di Tanah Air,” katanya.

Berikut data keberangkatan jemaah haji pada 5 Juni 2022:

  • Embarkasi Padang:  PDG2 dengan 393 jemaah.
  • Embarkasi Jakarta Bekasi:  JKS3 dan JKS4, masing-masing 410 jemaah.
  • Embarkasi Solo: SOC3 dan SOC4, masing-masing 360 jemaah.
  • Embarkasi Surabaya: SUB2 dengan 450 jemaah.
  • Embarkasi Jakarta Pondok Gede: JKG2 dan JKG3, masing-masing 393 jemaah.

Baca Juga: Lepas Kloter Pertama, Wapres Pesan ke Jemaah Haji Jangan Keluyuran

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya