Sekda DKI: Jakarta Sedang Berjuang Jadi Pusat Bisnis Global

Jakarta tidak lagi berstatus ibu kota pada 2024

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov DKI Jakarta, Joko Agus Setyono, mengatakan meski Jakarta nantinya bukan lagi menjadi ibu kota negara, namun pengaruhnya dalam berbagai hal strategis tidak akan pudar.

"Jakarta saat ini sedang berjuang untuk menjadi pusat bisnis global. Hal ini dengan segala infrastruktur yang terus berkembang, talenta muda yang kreatif, serta industri yang kuat," ungkap Joko dalam siaran tertulis, Rabu (20/9/2023).

Baca Juga: Otorita IKN Tegaskan Penyediaan Tanah di IKN Tak Mandek

1. Jakarta sedang berusaha memantapkan posisinya sebagai simpul utama

Sekda DKI: Jakarta Sedang Berjuang Jadi Pusat Bisnis GlobalSekretaris Daerah DKI Joko Agus Setyono usai upacara HUT Ke-78 RI di Monas, Kamis (17/8/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Selain itu, Jakarta sedang berusaha memantapkan posisinya sebagai simpul utama dalam jaringan ekonomi dunia, yang berdampak positif di bidang sosial dan ekonomi global.

"Prioritas pembangunan Jakarta pada masa depan adalah memperkuat perannya sebagai pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia, sebagai citra Pemprov DKI Jakarta yaitu Sukses Jakarta untuk Indonesia," katanya.

2. Jakarta jadi episentrum Indonesia

Sekda DKI: Jakarta Sedang Berjuang Jadi Pusat Bisnis GlobalWakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meninjau ngerjaan tanggul rob atau tanggul pantai National Capital Integrated Coastal Development (NCICD), di Caping Beam Tanggul Muara BKB, Jakarta Utara dan pengerukan lumpur di Waduk Pluit, Jakarta Utara, Minggu (26/12/2021) (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Joko berharap meski nanti Jakarta sudah tidak menjadi Ibu Kota, namun bisa menjadi contoh kota-kota lain dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Meskipun bukan lagi Ibu Kota, Jakarta tetap menjadi episentrum Indonesia, terus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional, dan menjadi contoh bagi kota-kota lainnya di Indonesia," kata dia.

Baca Juga: Meski Nanti Tak Jadi Ibu Kota, Jakarta Tetap Menjadi Daerah Khusus

3. Jakarta akan fokus jadi kota global

Sekda DKI: Jakarta Sedang Berjuang Jadi Pusat Bisnis GlobalPj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono usai melantik Kepala Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta di Balai Agung, Senin ( 9/2/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Sementara, Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menegaskan jika nanti tak lagi menjadi ibu kota, Jakarta terus fokus menjadi Kota Global. Dia menegaskan Jakarta masih menjadi pintu utama jaringan ekonomi dunia yang berdampak nyata pada urusan sosial dan ekonomi global.

"Prioritas pembangunan Jakarta di masa mendatang adalah memperkuat peran kota sebagai pusat pertumbuhan Indonesia berjalan dengan cita provinsi 'sukses Jakarta untuk Indonesia' melalui hal ini kita menunjukkan komitmen dalam mendukung kemajuan Republik Indonesia," ujar Heru.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya