Comscore Tracker

Setelah 10 Jam, Operasi Kembar Siam Ardi dan Ardan Berhasil

Waktu operasi lebih cepat dari perkiraan

Jakarta, IDN Times - Operasi pemisahan bayi kembar siam Ardi dan Ardan akhirnya berhasil setelah melewati operasi selama 10 jam. Operasi pemisahan perut dan sebagian dada yang dempet pada dua bayi kembar itu melibatkan 30 tenaga medis.

Masih mengenakan baju operasi, senyum merekah pada wajah para dokter saat konferensi pers usai melakukan operasi pemisahan Ardi dan Ardan di di Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita. 

"Alhamdulillah, hari ini kami dari RSAB Harapan Kita dibantu teman-teman dari rumah sakit lainnya nanti saya sebutkan satu per satu, telah berhasil melakukan operasi pemisahan kembar siam Ardi dan Ardan," ujar Direktur RSAB Harapan Kita Didi Danukusumo, Sabtu (16/11) petang.

1. Waktu operasi 10 jam, lebih cepat dari perkiraan

Setelah 10 Jam, Operasi Kembar Siam Ardi dan Ardan BerhasilOrangtua bayi kembar siam Ardi dan Ardan menggelar konferensi pers di Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita, Sabtu (16/11) petang.

Didi mengungkapkan operasi yang diperkirakan memakan waktu 16 jam ternyata berjalan lebih cepat yakni 10 jam. "Operasi pemisahan bayi kembar siam Ardi dan Ardan untuk memisahkan organ hati yang menyatu berjalan lancar," imbuhnya.

Menurutnya, tim dokter sudah melakukan persiapan operasi kembar siam Ardi dan Ardan sejak pukul 05.00 WIB, "Kemudian pasien memasuki ruangan operasi sekitar pukul 06.18 WIB."

2. Melibatkan bermacam dokter spesialis

Setelah 10 Jam, Operasi Kembar Siam Ardi dan Ardan Berhasil(Bayi kembar siam Ardi dan Ardan akan menjalani operasi pemisahan di RSAB Harapan Kita) Dok. Istimewa

Didi menjelaskan penanganan kasus kembar siam Ardi dan Ardan melibatkan bermacam dokter spesialis, antara lain spesialis bedah anak, spesialis bedah thorax kardio vaskular, spesialis bedah plastik, spesialis anestesi, spesialis anak, spesialis radiologi, spesialis patologi klinik, spesialis dan rehabilitasi medik.

"Tenaga medis spesialis yang terlibat dari rumah sakit luar, antara lain dari Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, Pusat Kanker Nasional Dharmais, RSPAD Gatot Subroto, dan RSUPN Cipto Mangunkusumo," paparnya.

Baca Juga: RSAB Harapan Kita Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Ardi dan Ardan

3. Organ hati Ardi dan Ardan menyatu

Setelah 10 Jam, Operasi Kembar Siam Ardi dan Ardan Berhasil(Bayi kembar siam Ardi dan Ardan akan menjalani operasi pemisahan di RSAB Harapan Kita) Dok. Istimewa

Dokter Penanggung Jawab Pasien, Alexandra menjelaskan kasus kembar siam Ardi dan Ardan merupakan kembar siam yang dempet perut dan sebagian dada bagian bawah, yang lazim disebut sebagai kelainan Thoraco Omphalopagus.

"Bayi kembar siam Ardi dan Ardan ini memiliki kelainan organ dalam yang lain adalah hatinya menyatu di bagian tengahnya," ujarnya.

4. Ini operasi ke empat kali bagi RSAB Harapan Kita

Setelah 10 Jam, Operasi Kembar Siam Ardi dan Ardan BerhasilIDN Times/Dini suciatiningrum

Ini bukanlah operasi pemisahan kembar siam yang pertama di RSAB Harapan Kita. Sebelumnya, ada operasi kembar siam dempet perut pada 1981, pemisahan bayi kembar siam dempet perut dan tulang dada pada 2016, dan terakhir pemisahan bayi kembar siam dempet kepala pada 2017.

"Jadi ini merupakan operasi kembar siam keempat dan operasi kali ini kasusnya sama dengan operasi yang terjadi pada 1981 dan 2016 lalu. Syukurnya seluruh operasi berjalan lancar bahkan sudah ada yang masuk kindergarden," jelasnya.

5. Biaya operasi kembar siam Rp 1,1 milliar

Setelah 10 Jam, Operasi Kembar Siam Ardi dan Ardan Berhasil(Bayi kembar siam Ardi dan Ardan akan menjalani operasi pemisahan di RSAB Harapan Kita) Dok. Istimewa

Kasus bayi kembar siam Ardi dan Ardan sempat viral setelah ibu kandungnya, Hesti Novianti, membuka penggalangan dana untuk operasi pemisahan bayi kembarnya melalui kitabisa.com.

Penggalangan dana yang dibuka 23 Agustus 2019 berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp1,1 miliar untuk operasi Ardi dan Ardan.

Baca Juga: Kisah Mengharukan Seorang Ibu Merawat Bayi Kembar Siam Dempet Perut

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You