Comscore Tracker

RSAB Harapan Kita Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Ardi dan Ardan

Organ hati bayi kembar siam Adri dan Ardan menyatu

Jakarta, IDN Times - Bayi kembar siam Ardi dan Ardan akan menjalani operasi pemisahan dempet perut dan sebagian dada bagian bawah di Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita, Jakarta Barat.

Direktur Utama RSAB Harapan Kita, DR. dr. Didi Danukusumo, Sp.OG (K) mengungkapkan operasi pemisahan tersebut akan dilakukan pada Sabtu (16/11).

1. Operasi akan berlangsung 16 jam melibatkan 30 dokter spesialis

RSAB Harapan Kita Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Ardi dan Ardan(Bayi kembar siam Ardi dan Ardan akan menjalani operasi pemisahan di RSAB Harapan Kita) Dok. Istimewa

Dr. Didi mengatakan operasi pemisahan tersebut rencana akan berlangsung selama 16 jam dengan melibatkan 30 dokter untuk proses operasi, perawatan pra dan pascaoperasi.

Didi menjelaskan bahwa penanganan kasus kembar siam Ardi dan Ardan akan melibatkan bermacam dokter spesialis, antara lain spesialis bedah anak, spesialis bedah thorax kardio vaskular, spesialis bedah plastik, spesialis anestesi, spesialis anak, spesialis radiologi, spesialis patologi klinik, spesialis dan rehabilitasi medik.

"Kita akan dibantu oleh beberapa tenaga medis spesialis dari rumah sakit luar, antara lain dari Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, Pusat Kanker Nasional Dharmais, RSPAD Gatot Subroto, dan RSUPN Cipto Mangunkusumo," kata Didi saat konferensi pers di ruang sidang RSAB Harapan Kita, Jakarta, Senin (4/11).

2. Organ hati bayi kembar Ardi dan Ardan menyatu

RSAB Harapan Kita Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Ardi dan ArdanIDN Times/Dini suciatiningrum

Dokter Penanggung Jawab Pasien, dr. Alexandra, Sp.BA menjelaskan kasus kembar siam Ardi dan Ardan merupakan kembar siam yang dempet perut dan sebagian dada bagian bawah, yang lazim disebut sebagai kelainan Thoraco Omphalopagus.

"Bayi kembar siam Ardi dan Ardan ini memiliki kelainan organ dalam yang lain adalah hatinya menyatu di bagian tengahnya," ujarnya.

Baca Juga: Gelisahnya Jayasrin Saksikan Anak Kembar Siamnya Dioperasi Pemisahan

3. RSAB Harapan Kita telah tiga kali operasi kembar siam

RSAB Harapan Kita Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Ardi dan ArdanIDN Times/Dini suciatiningrum

Kendati demikian, Alex optimis operasi bayi kembar berusia 1 tahun 2 bulan akan lancar sebab RSAB Harapan Kita sudah pernah menangani kasus kembar siam, antara lain operasi bayi kembar siam dempet perut tahun 1981, pemisahan bayi kembar siam dempet perut dan tulang dada tahun 2016 dan terakhir pemisahan bayi kembar siam dempet kepala tahun 2017.

"Jadi ini merupakan operasi kembar siam keempat dan operasi kali ini kasusnya sama dengan operasi yang terjadi pada 1981 dan 2016 lalu, syukurnya seluruh operasi berjalan lancar bahkan sudah ada yang masuk kindergarden," jelasnya.

4. Persiapan operasi sudah dilakukan sejak tiga bulan

RSAB Harapan Kita Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Ardi dan ArdanIDN Times/Dini suciatiningrum

Ketua Tim Penanganan operasi Dr. dr Johanes Edy Siswanto, Sp.A.(k) menambahkan persiapan operasi pemisahan bayi Ardi dan Ardan sudah dilakukan persiapan sudah dilakukan sejak tiga bulan yang lalu.

Persiapan meliputi pemeriksaan pasien, pemeriksaan penunjang yang dilakukan sebagai bahan dasar untuk perencanaan operasi pemisahannya, pertemuan tim untuk diskusi dan pembahasan kasus sudah dilakukan dengan melibatkan seluruh Tim Medis dan Edukasi dan Informed Consent sudah disampaikan kepada keluarga.

"Pihak keluarga telah menyetujui serta memahami hal-hal yang akan dihadapi setelah dilakukan operasi pemisahan. Kami berharap dengan dukungan semua pihak dan doa kita bersama. Dengan usia dan berat badan yang mencukupi, diharapkan operasi pemisahan kembar siam Ardi dan Ardan bisa berjalan lancar dan kedua bayi sehat wal'afiat," kata dia.

5. Ibu Ardi dan Ardan galang dana untuk operasi pemisahan

RSAB Harapan Kita Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Ardi dan Ardan(Bayi kembar siam Ardi dan Ardan akan menjalani operasi pemisahan di RSAB Harapan Kita) Dok. Istimewa

Kasus bayi kembar siam Ardi dan Ardan asal Tangerang, Banten, sempat viral setelah ibu kandungnya yakni Hesti Novianti membuka penggalangan dana untuk operasi pemisahan bayi kembarnya melalui kitabisa.com.

Penggalangan dana yang dibuka 23 Agustus 2019  itu viral saat ini sudah mengumpulkan dana sebesar Rp1,1 miliar untuk operasi Ardi dan Ardan.

Baca Juga: Bayi Kembar Siam Asal Buleleng Tak Bisa Jalani Operasi Pemisahan

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya