Sungai Ciliwung Meluap, Banjir Kampung Melayu Sampai 1,2 Meter

Sebanyak 18 RT di Jakarta terendam banjir

Jakarta, IDN Times - Hujan yang melanda DKI Jakarta dan sekitarnya pada Rabu (03/04/2024) menyebabkan 18 Rukun Tetangga (RT) banjir dan dua ruas jalan tergenang. Angka ini menurun, dari sebelumnya yang menunjukkan banjir sempat merendam 19 RT di Jakarta.

"Angkanya 0.059 persen dari 30.772 RT," ujar Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/4/2024).

Isnawa menerangkan di Jakarta Barat ada tiga RT yang terdampak genangan dan luapan kali Pesanggarahan yakni Kelurahan Kedoya Selatan, Kelurahan Kembangan Selatan dengan ketinggian 35 sampai 70 sentimeter.

Lalu, di Jakarta Selatan terdapat delapan RT, yakni Kelurahan Kebagusan, Kelurahan Ragunan, dan Kelurahan Bintaro dengan ketinggian 35 sentimeter. Sementara, banjir di Kelurahan Pondok Pinang mencapai satu meter.

Ada tujuh RT yang tergenang banjir di wilayah Jakarta Timur akibat luapan sungai Ciliwung, terdiri dari tiga RT Kelurahan Kampung Melayu dengan ketinggian 1,2 meter, kemudian Kelurahan Makassar empat RT dengan ketinggian 30 sampai 60 sentimeter.

"BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat, untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama para lurah dan camat setempat," kata Isnawa.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Ratusan KK di Tangsel Terdampak Banjir

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya