Surya Paloh Kumpulkan Elite NasDem Bahas Kasus Mentan Malam Ini

Mentan Syahrul tiba di RI usai dikabarkan menghilang

Jakarta, IDN Times - Sejumlah petinggi Partai NasDem berkumpul untuk membahas kasus dugaan korupsi yang menjerat Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (4/10/2023) malam.

"Ada empat orang di atas petinggi-petinggi," ujar Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni, di NasDem Tower.

Sahroni menjelaskan empat petinggi NasDem antaralain Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, Sekjen NasDem Hermawi Taslim, Ketua Majelis Tinggi DPP NasDem Karli Boenjamin, dan Kader NasDem Victor Laiskodat.

"Pastilah pasti, gak mungkin banget. Cuma kan kita diskusi tentang terkait perkara yang dialami Pak Mentan," katanya.

Pihaknya masih menunggu statement resmi dari Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK), dan menghormati mekanisme hukum, termasuk menggeledah kediaman Mentan Syahrul di Makassar, Sulawesi Selatan.

Sebelumnya, Mentan Syahrul Yasin Limpo dikabarkan tiba di Bandara Soetta, Cengkareng, Banten, Rabu (4/9/2023) pukul 18.05 WIB, menampangi Singapore Airlines dari Bandara Cangi sore ini.

Kedatangan Mentan Syahrul dikonsfirmasi Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Silmy Karim. Dia menyebut Syahrul telah melewati area pemeriksaan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada pukul 18.41 WIB.

"Sudah mendarat, sudah melintas tempat pemeriksaan Imigrasi, sudah 18.41 (WIB)," ujar Silmy, Rabu (4/10/2023).

Kendati, berdasarkan pantauan di lokasi sejak pukul 17.30 WIB, tidak terlihat kedatangan Mentan di pintu kedatangan Internasional Terminal 3 Bandara Soetta. Menteri asal Partai NasDem itu diduga keluar tidak melalui lobby, melainkan langsung menuju ke lantai dua parkir mobil internasional.

Mentan sempat dikabarkan menghilang di Eropa, usai santer kabar ia ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi di lingkungan Kementerian Pertanian yang tengah diselidiki Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK juga membenarkan telah menggeledah kediaman Mentan, meski belum menyatakan resmi status tersangka menteri asal Partai NasDem itu.

Baca Juga: Tiba di Indonesia, Mentan Syahrul Bakal Langsung Temui Surya Paloh

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya