Tikus Berdasi Ramaikan Demo Buruh di Patung Kuda

Tikus itu bak gambaran pejabat yang loloskan Omnibus Law

Jakarta, IDN Times - Replika tikus berdasi raksasa berdiri tegak di atas mobil bak terbuka ikut demo buruh yang diikuti sejumlah elemen dari mahasiswa dan buruh, di Patung Kuda Arjuna Wiwaha atau depan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023).

Tikus berjas tersebut membawa koper berisi tumpukan uang dan dokumen UU No 6 Tahun 2023 Cipta Kerja. Memang, tikus itu dibuat sebagai simbol dari para anggota dewan yang meloloskan Undang-Undang Cipta Kerja.

Pantauan IDN Times, ribuan peserta demo masih bertahan di bundaran air mancur tepatnya depatnya di depan Patung Kuda.

Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Unang Sunarno, mengatakan ribuan demonstran yang mendesak pencabutan UU Cipta Kerja hingga UU Kesehatan itu terdiri dari buruh dan mahasiswa.

"Kami akan bertahan di sini sampai ada respons dari pemerintah terkait pencabutan Omnibus Law," ujar Unang.

Unang menyebut, pihak keamanan telah meminta massa membubarkan diri. Namun, buruh masih ingin menyuarakan tuntutannya sampai didengar pemerintah.

Ribuan demonstran Aksi Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) bersama puluhan ribu buruh dari Aliansi Aksi Sejuta Buruh, dan mahasiswa mendesak pemerintah mencabut UU Cipta Kerja, UU Kesehatan, UU P2SK (Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan), dan mewujudkan Jaminan Sosial Semesta Sepanjang Hayat .

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya