Usai Observasi di Natuna, WNI yang Kuliah di Wuhan Bebas Lanjut Studi

Mereka bisa lanjutkan studi di dalam negeri

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, memastikan mahasiswa Indonesia yang selesai diobservasi di Natuna tetap bisa melanjutkan studinya, baik kembali ke Tiongkok atau melanjutkan di dalam negeri.

"Kelanjutan studi akan kita bicarakan lebih lanjut setelah ini selesai. Yang penting mereka sudah kembali ke Indonesia. Biar tenang dulu, bersosialisasi dulu. Kemudian baru kita hitung, terutama para mahasiswa, apakah akan kembali ke tempat studi mereka sampai menunggu wabah ini berakhir," kata Menko PMK dilansir dari Antara, Sabtu, (15/2).

1. Mahasiswa dari Wuhan bisa melanjutkan pendidikan mereka di dalam negeri

Usai Observasi di Natuna, WNI yang Kuliah di Wuhan Bebas Lanjut StudiSejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) beraktivitas di Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, saat masa observasi pascaevakuasi dari Wuhan China di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Menurut Menko PMK Muhadjir Effendy, jika memang kemauan mahasiswa tersebut studi kredit mereka bisa ditransfer untuk melanjutkan pendidikan mereka di Tanah Air, sepanjang bidang studi atau kajiannya sesuai.

Untuk mahasiswa yang mendapatkan beasiswa terutama dari pemerintah akan ada diskusi lebih lanjut mengenai hal tersebut karena koordinasi mengenai masalah beasiswa berada di bawah ranah Kemenko PMK.

Baca Juga: Data WNI yang Diobservasi di Natuna, Paling Banyak dari Jawa Timur

2. Menkes pastikan 238 WNI yang diobservasi sehat

Usai Observasi di Natuna, WNI yang Kuliah di Wuhan Bebas Lanjut StudiWNI yang jalani observasi di Natuna. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Sementara itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, memastikan kondisi 238 warga negara Indonesia (WNI) yang berada dalam observasi di Natuna juga dinyatakan sehat tanpa adanya gejala-gejala COVID-19.

Kemenkes sendiri sudah mengeluarkan surat keterangan bebas COVID-19 untuk dibawa para WNI yang pulang ke daerahnya masing-masing.

3. Dinas kesehatan tetap pantau kesehatan 238 WNI

Usai Observasi di Natuna, WNI yang Kuliah di Wuhan Bebas Lanjut StudiANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Meski demikian, Menkes meminta dinas kesehatan daerah untuk tetap memantau kondisi-kondisi mereka.

"Jadi itu untuk membantu mereka-mereka juga di dalam bersosialisasi dengan masyarakat maupun dengan keluarga. Jadi tetap dinas kesehatan bertanggung jawab dan terus memantau dan kita sudah koordinasikan dengan mereka," kata Menkes Terawan.

Baca Juga: [UPDATE] Virus Corona Sudah Renggut 1.500 Lebih Nyawa Per Hari Ini!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya