Usir Polusi, Pemprov DKI Pasang 161 Water Mist di 130 Gedung Tinggi 

Penyiraman jalan akan terus dilakukan

Jakarta, IDN Times - Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Pencemaran Udara (PPU) Pemprov DKI Jakarta terus berupaya melakukan percepatan penanganan polusi udara, sejak 21 Agustus 2023. 

Juru Bicara Satgas PPU DKI Jakarta, Ani Ruspitawati, memaparkan jumlah pemasangan water mist atau alat penyemprot bertekanan tinggi dari atap gedung terus ditambah.

"Hingga 13 Oktober 2023, jumlah water mist yang telah terpasang sebanyak 161 unit di 130 gedung, baik gedung pemerintah maupun swasta," ujarnya dalam siaran tertulis dikutip, Minggu (15/10/2023).

Baca Juga: Polusi Udara Jakarta Peringkat Keenam Hari Ini, Pakai Masker Ya

1. Sebanyak 32 water mist segera dipasang

Usir Polusi, Pemprov DKI Pasang 161 Water Mist di 130 Gedung Tinggi Pengoperasian water mist generator di atap gedung balai kota DKI Jakarta l, Jumat (1/9/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Ani menerangkan, sebanyak 32 unit watermist lainnya sedang berproses di 24 gedung, dan segera dioperasikan untuk memperkuat upaya perbaikan kualitas udara.

Adapun penyebaran water mist yang telah terpasang di Jakarta Pusat sebanyak 30 gedung, dengan total 30 unit. Kemudian, di Jakarta Utara enam gedung dengan total tujuh unit terpasang, Jakarta Barat 41 gedung dengan total 71 unit terpasang.

Lalu, di Jakarta Selatan 47 gedung dengan total 47 unit terpasang, dan Jakarta Timur lima gedung dengan total enam unit terpasang, dan di Balai Kota DKI Jakarta sendiri terpasang dua unit.

2. Penyiraman jalan di 375 lokasi di seluruh wilayah Jakarta

Usir Polusi, Pemprov DKI Pasang 161 Water Mist di 130 Gedung Tinggi Polda Metro Jaya kerahkan 4 mobil water cannon semprot jalan protokol untuk atasi polusi udara Jakarta. (dok. Humas Polda Metro Jaya)

Ani menambahkan, upaya penyiraman jalan-jalan protokol yang dilakukan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta hingga 12 Oktober 2023, telah dilakukan di 375 lokasi di seluruh wilayah Jakarta.

"Kami mengerahkan sebanyak 383 mobil dan 1.510 personel," katanya.

Baca Juga: Sebut Industri Jadi Kambing Hitam soal Polusi, Menperin: Jangan Lagi!

3. Penyiraman jalan akan terus dilakukan

Usir Polusi, Pemprov DKI Pasang 161 Water Mist di 130 Gedung Tinggi 

Ani menambahkan penyiraman jalan akan terus dilakukan di ibu kota sebagai upaya untuk mengurangi polusi udara.

"Penyiraman jalan ini dilakukan secara paralel dengan proses pemasangan water mist yang dilakukan lebih luas," katanya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya