Vaksin Pfizer Tersedia 6,16 Juta Dosis Agustus, Menkes: Segera Suntik!

Indonesia ranking 9 penyuntikan vaksin terbanyak di dunia

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia telah mendapatkan total sebanyak 6,16 juta vaksin COVID-19 jenis Pfizer pada Agustus ini.

"Bulan ini akan kedatangan 1,56 juta vaksin Pfizer yang kita beli langsung dari Pfizer. Dan akhir bulan, kita akan kedatangan 4,6 juta dosis Pfizer hasil kerja sama vaksin gratis dari Covax," ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (23/8/2021) malam.

Baca Juga: Vaksin Pfizer Tersedia di 4 Lokasi Ini, Khusus Warga KTP DKI Jakarta

1. Total ada 62,6 juta dosis vaksin COVID-19 berbagai merek yang tersedia bulan ini

Vaksin Pfizer Tersedia 6,16 Juta Dosis Agustus, Menkes: Segera Suntik!Ilustrasi vaksin COVID-19. pexels.com/Mufid Majnun

Jumlah vaksin merek Pfizer itu termasuk dalam total 62,6 juta dosis vaksin berbagai merek yang datang bulan ini. Jumlah ini jauh lebih banyak dari rata-rata vaksin yang datang per bulan sepanjang Januari hingga Juli.

"Bulan ini, kita akan datang 62,6 juta dosis. Dibandingkan Januari sampai Juli 90 juta dosis. Agustus ini 62,6 juta dosis," ujar Budi.

2. Menkes minta stok vaksin jangan ditahan

Vaksin Pfizer Tersedia 6,16 Juta Dosis Agustus, Menkes: Segera Suntik!Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Dok. Humas KPK)

Sesuai arahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Budi meminta agar vaksin yang tersedia segera segera disuntikan.

"Jangan ditahan sebagai stok, segera kirim ke provinsi, seluruh kabupaten kota," imbaunya.

Baca Juga: Vaksin Booster Dapat Izin, Pfizer Cs Bakal Ketiban Durian Runtuh

3. Indonesia ranking 9 jumlah penyuntikan vaksin terbanyak di dunia

Vaksin Pfizer Tersedia 6,16 Juta Dosis Agustus, Menkes: Segera Suntik!Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Menkes juga mengatakan sampai saat ini, sebanyak 90 juta dosis vaksin telah disuntikan. Jumlah ini membuat Indonesia berada di rangking 9 negara dengan jumlah penyuntikan vaksin COVID-19 terbanyak dunia.

" Untuk jumlah orang yang disuntik per hari ini, Indonesia sudah berhasil menyelesaikan 58 juta orang dosis pertama, yang merupakan ranking ke enam di dunia," imbuh Menkes.

Baca Juga: DKI Jakarta Jadi Prioritas Vaksin Pfizer, Ini Syarat dan Lokasinya

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya