Viral, Satpam TMII Arogan Usir Ibu Pedagang Sampai Menangis

Manajemen TMII minta maaf atas kejadian tersebut

Jakarta, IDN Times - Sebuah video yang memperlihatkan aksi arogan petugas keamanan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, yang mengusir pedagang secara kasar viral di media sosial.

Dalam video yang beredar seperti dilihat IDN Times, Rabu (25/10/2023), pedagang yang merupakan perempuan paruh baya tersebut menangis, saat petugas keamanan membentak dan menarik tas ransel yang diduga berisi dagangan.

"Kamu ngelawan saya?" tanya petugas keamanan tersebut.

Baca Juga: Viral! Aksi Diduga Begal Masuk Jalan Tol Sambil Bawa Senjata Tajam

1. Pedagang menangis barang dagangannya ditarik

Viral, Satpam TMII Arogan Usir Ibu Pedagang Sampai MenangisSuasana TMII saat hari pertama lebaran 2021. (IDN Times/Reynaldi Wiranata)

Ibu tersebut tampak memohon agar barang dagangannya tidak dirampas dan meminta pulang. Namun, petugas keamanan itu terus menginterogasi ibu tersebut sambil menarik paksa ransel pedagang itu. 

"Saya mau pulang, Pak, ya Allahuakbar," ujar perempuan tersebut.

2. Petugas keamanan ancam pedagang

Viral, Satpam TMII Arogan Usir Ibu Pedagang Sampai MenangisTaman Mini Indonesia Indah (TMII). (IDN Times/Trio Hamdani)

Petugas keamanan tersebut menanyakan kelompok pedagang lainnya, dan mengancam akan melaporkan ibu tersebut kepada polisi jika tetap berjualan di dalam TMII.

"Kamu mau jual lagi nggak?" tanya petugas itu kembali.

"Saya mau pulang, ini dagangan punya orang, Pak, bukan punya saya sendiri," kata ibu tersebut memelas.

3. Manajemen TMII minta maaf

Viral, Satpam TMII Arogan Usir Ibu Pedagang Sampai MenangisTaman Mini Indonesia Indah (TMII). (IDN Times/Trio Hamdani)

Manajemen TMII menyesalkan kejadian yang viral di video, yang melibatkan petugas keamanan dari mitra outsourcing TMII dan pedagang tidak resmi. 

Dalam video, petugas tersebut sedang menertibkan pedagang tidak resmi di area TMII pada tanggal 21 Oktober 2023. Namun sangat disayangkan, petugas tersebut bertindak tidak dengan semestinya.

"Kami sedang melakukan investigasi atas intensi dan motif dari petugas tersebut yang mengambil video atas aksinya sendiri serta menyebar luaskan video tersebut, di mana tindakannya tidak sesuai dengan SOP yang berlaku di TMII," ujar manajemen TMII dalam surat yang diterima IDN Times.

Baca Juga: TMII Siapkan Bus Gratis bagi Pengunjung di Stasiun LRT, Cek Jadwalnya!

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya