Comscore Tracker

Viral, Surat Bebas Keterlibatan PKI Ejaan Jadul Jadi Bungkus Bawang

Surat itu untuk keperluan adminstratif masa Orde Baru

Jakarta, IDN Times - Beberapa hari ini media sosial dihebohkan dengan penemuan surat keterangan bersih diri dari Partai Komunis Indonesia (PKI), yang digunakan untuk membungkus bawang.

Foto surat tersebut pertama kali diunggah akun Twitter @initipis. Dalam media sosial akun tersebut tidak menyangka akan menemukan surat yang dikeluarkan pada 1968 yang ditulis dengan tinta biru.

"Ga nyangka dari bungkus bawang bisa nemu sisa berkas pengakuan G30S/PKI tahun '68," tulis pemilik akun @initipis, Senin (14/9/2020).

1. Surat masih menggunakan ejaan lama

Viral, Surat Bebas Keterlibatan PKI Ejaan Jadul Jadi Bungkus BawangViral, Surat Keterangan Bersih Diri dari G30S/PKI (Twitter.com/initipis)

Surat tersebut sudah menguning dan lusuh serta banyak lipatan di beberapa sisi. Surat tersebut ditulis dengan ejaan lama menggunakan mesin tik.

Dalam surat tersebut juga tertera identitas lengkap mulai nama, agama, hingga alamat, menggunakan tulisan tangan dengan huruf sambung.

Baca Juga: MPR: RUU HIP Tidak Beri Ruang Bagi Komunisme dan PKI di Indonesia

2. Surat bersih diri berisi pengakuan tidak terlibat

Viral, Surat Bebas Keterlibatan PKI Ejaan Jadul Jadi Bungkus BawangViral, Surat Keterangan Bersih Diri dari G30S/PKI (Instagram.com/infokomando)

Surat tersebut berisi pengakuan bahwa orang tersebut tidak terlibat, baik langsung atau tidak langsung dalam peristiwa G30S/PKI.

"Sepandjang penelitian, serta dikuatkan dengan pembuktian dan persaksian dari orpol (organisasi politik)/ormas (organisasi kemasyarakatan) kepala desa, tjamat setempat dan lain sebagainya, maka orang jang namanja tersebut diatas tidak ada indikasi setjara langsung atau tidak langsung dalam peristiwa G30S/PKI," tulis penggalan surat itu.

3. Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD) jadi buat keperluan administratif masa Orde Baru

Viral, Surat Bebas Keterlibatan PKI Ejaan Jadul Jadi Bungkus BawangIlustrasi KTP (IDN Times/Umi Kalsum)

Surat tersebut viral dan sudah dibagikan ulang sebanyak 15,6 ribu retweet, 67,4 ribu like. Berbagi macam komentar muncul, salah satunya warganet berakun @m*** yang menjelaskan fungsi surat tersebut.

"Ini surat keterangan bebas dari keterlibatan G30S atau ortu kakek nenek bukan orang PKI. Namanya Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD). Jadi ini buat keperluan administratif jaman Orde Baru, misal orang mau daftar PNS, daftar Polisi, datar kerja dll. Ya harus punya surat ini," cuit akun tersebut.

"Jaman sekarang kaya skck gitu kali yaa," tulis netizen lain.

"Dulu pernah diceritain, di kota w ada anak anggota PKI (udah diadili) yg gak dibolehin kuliah, terus akhirnya bisa kuliah dg jaminan salah satu Kiai..........," timpal warganet lain di kolom komentar.

Baca Juga: Viral, Kisah Pilu Dokter Muda di Riau Meninggal Akibat COVID-19

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya