Wapres Yakin KSAU Tonny Paham Persoalan Negara dan Politik 

Presiden Jokowi akan melantik KSAU baru

Manado, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan melantik Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru. Sosoknya menggantikan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang akan memasuki masa pensiun pada 9 April mendatang.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap, mantan ajudan Jokowi ini lebih paham apa yang harus dilakukannya dalam mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Masalah Pak Tonny, kita harapkan beliau akan menjadi kepala staf yang sangat memahami persoalan (kebangsaan dan kenegaraan),” ungkapnya di Kota Manado, Provinsi Sulut, Kamis (4/4/2024).

 

1. Paham masalah politik

Wapres Yakin KSAU Tonny Paham Persoalan Negara dan Politik Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) pilihan Jokowi, Marsekal Madya TNI Mohammad Tonny Harjono (belakang kanan). (ANTARA FOTO)

Menurut Ma'ruf perwira kelahiran 4 Oktober 1971 ini memiliki rekam jejak penugasan lintas bidang yang tidak hanya mengampu jabatan di lingkup kemiliteran, tetapi juga pernah menjadi Sekretaris Militer Presiden.

“Beliau juga tentu lebih tahu persoalan-persoalan kebangsaan dan kenegaraan yang tidak saja teknis secara keangkatan-udaraan, tapi juga masalah-masalah (lain), ngerti politik, ngerti permasalahan situasi,” terangnya.

Baca Juga: Rekam Jejak Tonny Harjono, Eks Ajudan Jokowi yang Dipilih Jadi KSAU

2. Jokowi akan lantik KSAU Baru

Wapres Yakin KSAU Tonny Paham Persoalan Negara dan Politik Presiden Jokowi lantik Tonny Harjono jadi KSAU pada Jumat (5/4/2024) mendatang. (IDN Times/Ilman Nafi’an)

Jokowi menunjuk Marsekal Madya TNI, Mohammad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru. Jokowi mengatakan, akan melantik Tony sebagai KSAU pada Jumat (5/4/2024).

"Pelantikan KSAU hari Jumat," ujar Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Baca Juga: Jokowi Lantik Tonny Harjono Jadi KSAU pada 5 April 2024

3. Keppres berlaku saat dilantik

Wapres Yakin KSAU Tonny Paham Persoalan Negara dan Politik Komisi 1 DPR RI rapat bersama Panglima TNI, KSAD dan KSAU. (IDN Times/Amir Faisol)

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU, dan pengangkatan Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU yang baru

"Keppres tersebut baru berlaku ketika Tonny dilantik sebagai KSAU," katanya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya